Menu

Ketua PKK Agam Ajak Tamu Panen di Kebun Kelompok Dasawisma Bougenville

  Dibaca : 178 kali
Ketua PKK Agam Ajak Tamu Panen di Kebun Kelompok Dasawisma Bougenville

AMCNews.co.id — Nagari Sariak Kecamatan Sungai Puar Kabupaten Agam, dikenal dengan nagari pemasok sayur dan lingkungan yang alami dan asri.

Tipikal masyarakatnya yang suka bercocok tanam membuat setiap perkarangan rumah dipenuhi buah-buahan, sayur-sayuran dan bunga.

Hal itu menjadi salah satu indikator yang mengantarkan nagari yang terletak di kaki Gunung Merapi itu menjadi nagari terbaik 1 pada lomba Kelompok Dasawisma tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019.

Atas prestasi itu, tidak sedikit daerah pergi untuk studi tiru. Rabu (10/12/19), Ketua TP PKK Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri mengajak rombongan kunjungan TP PKK Kabupaten Padang Pariaman dan TP PKK Limapuluh Kota melihat perkarangan atau kebun anggota Kelompok Dasawisma Bougenville.

Sembari mengelilingi sebanyak 10 rumah kader, puluhan anggota PKK juga diajak oleh istri orang nomor satu di Agam itu untuk memanen bawang dan wortel.

Ny. Vita membagikan hasil kebun yang dipanen kepada rombongan PKK Padang Pariaman dan PKK Limapuluh Kota sebagai buah tangan.

Pada kunjungan itu, rombongan kagum dengan cara PKK Kabupaten Agam dalam membina anggota Kelompok Dasawisma, sehingga masyarakat berperan aktif dalam mensukseskan program PKK yang dimulai dari perkarangan rumah terlebih dahulu.

“Yang berkesan bagi kita, selain jumlah dan jenis yang ditanam, tapi kemauan, kekompakan dan semangat masyarakat di sini dalam bercocok taman dengan cara memanfaatkan perkarangan rumah,” ujar Ibu Murniati salah seorang kader Padang Pariaman.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua Tim Rombongan TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota, Harnita.

Setelah melihat hasil tanaman Kelompok Dasawisma di Sariak, ia berharap kadernya bisa mengimplementasikan kiat dalam menggerakkan masyarakat untuk mengelola perkarangan rumah dengan tanaman bernilai ekonomis.

“Selain tanaman obat-obatan, perkarangan rumah kadernya juga dipenuhi oleh tanaman yang bisa menambah pendapatan ekonomi, seperti sayur dan buah-buahan,” ujarnya kagum.

Sementara itu, Ketua PKK Agam Ny Vita menjelaskan, dirinya membawa tamu ke kebun Kelompok Dasawisma untuk menunjukkan capaian yang diraih Kelompok Dasawisma Sariak. Serta dalam rangka mempromosikan potensi ekonomi rumah tangga masyarakat Sariak sebagai sentra pemasok sayur terbesar di Kabupaten Agam.

“Kita sengaja membawa ibu-ibu ke sini untuk bisa melihat dan memanen langsung tanaman sayuran yang ada diperkarangan kader PKK. Inilah Nagari Sariak dengan udaranya yang sejuk dan alamnya yang masih asri. Ayo ibu-ibu, panen bawangnya seperti ini,” ajak Ny. Vita sembari memperagakan cara mencabut tanaman bawang prei. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional