Menu

Tugas Guru Termulia, Kemendikbud Akan Berjuang untuk Kemerdekaan Belajar

  Dibaca : 126 kali
Tugas Guru Termulia, Kemendikbud Akan Berjuang untuk Kemerdekaan Belajar

AMCnews.co.id — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri mengakui bahwa tugas guru adalah termulia sekaligus tersulit, dalam membentuk masa depan bangsa. Tetapi guru lebih sering diberikan aturan dibanding pertolongan.

“Guru ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktunya habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas,” ujar Indra Catri saat membacakan amanat Kemendikbud dalam upacara HUT KORPRI ke-48, HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional tahun 2019, di halaman Kantor Bupati Agam, Jum’at (29/11).

Disebukan, guru tahu bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi mereka terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan. Bahkan mereka juga tahu setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda, namun keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi.

Untuk itu, Kemendikbud tidak akan membuat janji kosong kepada guru. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, Kemendikbud akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

“Hal ini berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba atau perintah, segera ambil langkah pertama dengan melakukan perubahan kecil di kelas,” sebutnya.

Menurutnya, langkah awal yang perlu dilakukan seperti berdiskusi di kelas, beri kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri serta tawarkan bantuan kepada guru yang sedangkan mengalami kesulitan.

“Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” tutur Indra Catri membacakan amanat Kemendikbud. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional