Oktober, Liga Nagari Piala Bupati Agam Kembali Bergulir

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) kembali menggelar Liga Nagari ke-2 tingkat kabupaten pada Oktober 2019.

Kepala Disparpora Agam, melalui Kasi Pembinaan Atlet Berprestasi, Asrial di ruangan kerjanya, Kamis (10/10) mengatakan, event ini merupakan agenda tahunan Disparpora dalam memperebutkan tropy bergilir Bupati Agam dan sekarang memasuki tahun kedua. Pemainnya khusus anak nagari usia 20 tahun yang nanti dibuktikan dengan KTP dan KK saat mendaftar.

“Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak 1 sampai 15 Oktober 2019, untuk Agam Barat di Kantor Disparpora. Sedangkan Agam Timur 13 sampai 15 Oktober 2019, di Kantor Wali Nagari Padang Laweh, Kecamatan Banuhampu,” sebutnya.

Dikatakan, pembukaan atau launching dilakukan 21 Oktober 2019, di GOR Padang Baru Lubuk Basung. Pertandingan terbagi 8 pool dengan sistem setengah kompetisi dan untuk 16 besar sampai seterusnya memakai sistem gugur.

Sementara itu, pertandingan bakal dimulai 22 Oktober 2019. Bagi juara dan runner up masing-masing pool mengikuti kompetisi tingkat Agam, yang bakal digelar di sport center Bukik Bunian Lubuk Basung hingga babak final.

“Apabila nagari tidak menyelesaikan pertandingan atau tidak hadir, maka nagari itu tidak dapat mengikuti Liga Sepakbola Nagari selama dua tahun berturut-turut,” imbuhnya.

Asrial menjelaskan, selain memperebutkan tropy bergilir Bupati Agam, pemenang juga diberikan uang pembinaan Rp12,5 juta untuk juara I, Rp8,5 juta juara II, Rp6 juta juara III dan Rp3 juta juara IV. Masing-masing ditambah tropy lepas.

Lebih jauh Asrial menyebutkan, event ini selain memasyarakatkan olahraga, juga menjadi ajang untuk mencari bibit atlet sepak bola yang nanti akan mengikuti event lain seperti Porprov atau sebagainya. Sehingga peran wali nagari sangat penting dalam pembinaan olahraga di nagari. Pada 2018 Liga Nagari dimenangkan oleh Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *