Menu

Sambut Tahun Baru Islam, PHBI Agam Gelar Syi’ar 1 Muharram 1441 H

  Dibaca : 445 kali
Sambut Tahun Baru Islam, PHBI Agam Gelar Syi’ar 1 Muharram 1441 H

AMCnews.co.id — Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Agam, menggelar syi’ar Muharram dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, di Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, Sabtu (31/8).

Wakil Ketua Panitia, Dody Mulya Putra mengatakan, kegiatan ini melibatkan Didikan Subuh (DDS) kecamatan, dengan jumlah 25 orang per kecamatan termasuk pendamping. Mereka nanti akan menghadiri pembukaan dan tabligh akbar 1 Muharram, di Majid Agung Nurul Fallah sekitar pukul 16.30 WIB.

Pembukaan bakal ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Agam atau yang mewakili.

“Setelah itu peserta langsung menuju penginapan untuk beristirahat. Selesai shalat Isya, peserta kembali ke Masjid Agung Nurul Fallah mengikuti penampilan syi’ar 1 Muharram oleh DDS kecamatan,” ujarnya.

Syi’ar yang ditampilkan seperti, adzan oleh DDS Tanjung Raya, bacaan Qur’an DDS Ampek Angkek, asmaul husna DDS Banuhampu, tahfizh surat An Naba’ DDS Kamang Magek, MSQ DDS Tilatang Kamang, pidato pendek DDS Canduang, puisi dakwah DDS Lubuk Basung, bacaan shalat jenazah DDS Pelambayan.

Kemudian bacaan shalat wajib DDS Malalak, nasyid dan rebana DDS Baso, bacaan 22 nabi dan rasul DDS Matur, pembacaan puisi DDS Sungai Pua, hafalan hadist DDS Ampek Nagari, penampilan rebana DDS IV Koto dan do’a penutup oleh DDS Tanjung Mutiara.

Selanjutnya dikatakan Dody, Minggu (1/9) dini hari pukul 05.00 WIB, seluruh DDS melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid Agung Nurul Fallah. Kemudian dilanjutkan apel didikan subuh, serta pawai syia’ar 1 Muharram 1441 Hijriyah, di halaman Kantor Bupati Agam. Khusus Kecamatan Lubuk Basung bakal diikuti seluruh TPA/TPQ.

“Direncanakan apel didikan subuh yang akan menjadi pembina adalah Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, sekaligus melepas pawai syi’ar 1 Muhrram. Star di halaman Kantor Bupati, simpang tiga bundaran, simpang lapau talang, simpang empat tangah dan finis di halaman kantor Bupati,” jelasnya.

Disebutkan, apel dan pawai juga akan diikuti ratusan peserta khatam Al-Qur’an Nagari Lubuk Basung. Di samping itu, panitia juga akan menilai peserta pawai yang nanti bakal ditetapkan 10 pemenang.

Kabag Kesra Setda Agam, Syatria mengatakan, pemenang pawai nanti akan diberikan hadiah dengan total Rp18 juta. Namun Syatria tidak menjelaskan secara terinci berapa hadiah yang akan diterima para pemenang

“Ini bentuk upaya pemerintah untuk mendukung syi’ar 1 Muharram yang dilaksanakan PHBI Agam dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah,” pungkasnya. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional