Menu

Bursa Inovasi Nagari, Wahana Menggali dan Memperkenalkan Potensi Nagari

  Dibaca : 217 kali
Bursa Inovasi Nagari, Wahana Menggali dan Memperkenalkan Potensi Nagari

AMCNews.co.id — Bupati Agam melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Erniwati mengatakan Bursa Inovasi Nagari merupakan salah satu kegiatan dari program Inovasi Desa, yang dapat memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan di nagari secara partisipatif.

“Harapan kita, Bursa Inovasi Nagari menjadi motivasi dan inovasi baru bagi nagari, untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada,” ujar Erniwati saat membuka Bursa Inovasi Nagari cluster II, di Pantai Bandar Mutiara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Rabu (31/7).

Dengan adanya Bursa Inovasi Nagari, menurut Erniwati, wali nagari dapat melihat keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan nagari lain. Sehingga diharapkan wali nagari bisa mengadopsi dan mereplikasi kegiatan itu untuk dilaksanakan di nagari masing-masing.

“Tapi kita minta wali nagari harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap program yang akan dilaksanakan, dengan memasukkan ke dalam rencana kerja pembangunan nagari untuk tahun berikutnya,” harap Erniwati.

Untuk penggunaan dana desa, Erniwati juga mengharapkan agar berdampak kepada pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan SDM dan ekonomi masyarakat.

Tidak hanya itu, pemerintah nagari diminta memperhatikan dan mensinkronkan program yang disusun di nagari, dengan program strategis pemerintah kabupaten seperti, gerakan Nagari Madani, Agam menyemai, pariwisata nagari, Save Maninjau dan Gelora Palembayan.

“Dengan demikian, diharapkan nagari betul-betul mengikuti kegiatan ini dengan baik, supaya bisa menilai mana inovasi yang perlu diadopsi atau direplikasi untuk diterapkan di nagari masing-masing,” pungkasnya.

Ketua panitia Febri Israndi mengatakan, Bursa Inovasi Nagari kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu dilaksanakan di satu wilayah dan diikuti seluruh nagari yang ada di Agam.

Namun, kali ini pelaksanaan dibagi dua cluster. Untuk cluster I telah dilaksanakan di Kecamatan Palupuah dan cluster II di Kecamatan Tanjung Mutiara meliputi delapan kecamatan yaitu, Ampek Nagari, IV Koto, Tanjung Mutiara, Tanjung Raya, Lubuk Basung, Matur, Palembayan dan Malalak.

“Bursa Inovasi Nagari sebagai wahana memperkenalkan inovasi yang selama ini dilaksanakan di nagari, serta menjadi kesempatan untuk melahirkan inovasi baru,” sebutnya. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional