Tulis Buku, Guru di Agam Terima Penghargaan dari Bupati

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri berikan penghargaan kepada guru di daerah itu yang telah berkarya menulis buku. Penghargaan diserahkan setelah pelaksanaan upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, di halaman Kantor Bupati Agam, Kamis (2/5).

Dalam hal ini Bupati Agam, didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra, PGRI dan Forkopimda. Buku yang telah diterbitkan juga diserahkan kepada bupati.

Kadisdikbud Agam, Isra mengatakan, ini sejalan dengan program nasional yaitu, gerakan literasi sekolah. Intinya bagaimana mensupport guru atau tenaga kependidikan dalam mengembangkan potensi untuk melahirkan karya, apakah karya ilmiah berupa buku atau makalah dan lainnya.

“Sejak dua tahun lalu Pemkab Agam mendorong guru untuk menulis buku, bagi yang berhasil terbitkan buku setiap tahun diberikan reward. Tahun lalu diterbitkan 50 judul buku, sekarang yang telah terbit baru 48 judul dan sebagiannya masih dalam proses percetakan,” katanya.

Menurutnya, reward diberikan pada momen Hardiknas setiap tahunnya. Sesuai tuntutan pendidikan, senantiasa guru harus mengembangkan kemampuan profesionalnya. Selain guru, siswa juga sudah diprogramkan satu siswa satu buku setiap tahun.

“Insyaallah pada Hari Guru tahun 2019, siswa yang telah lahirkan karya juga dilaunching sebagai ucapan terimakasihnya kepada guru. Sampai sekaranag sudah lebih 50 siswa yang lahirkan buku di Agam,” pungkasnya.Sedangkan untuk percetakan, dikatakan Isra, saat ini masih dilakukan secara mandiri oleh guru dan sekolah melalui dana BOS bisa mengembangkan potensi guru. Sementara dinas hanya bisa memfasilitasi seperti pelatihan yang telah digelar dua kali yaitu 2017 dan 2018.

Dikatakan, dari 300 guru yang ikut pelatihan, sekitar 60 persen sudah lahir karyanya, tapi masih ada dalam proses percetakan. Pihaknya akan upayakan bekerjasama dengan PGRI untuk bisa miliki satu penerbit sesuai arahan Bupati Agam. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *