Menu

Grup Ganto Minang Ampek Nagari Juara I Lomba Pasambahan Siriah Carano

  Dibaca : 862 kali
Grup Ganto Minang Ampek Nagari Juara I Lomba Pasambahan Siriah Carano

AMCnews.co.id — Grup Ganto Minang Kecamatan Ampek Nagari keluar sebagai juara I lomba pasambahan siriah carano tingkat Kabupaten Agam, di Kantor CamatTanjung Mutiara, Sabtu (30/3).

Grup Ganto Minang menerima uang tunai sebesar Rp3 juta dan tropi dari Grup Palito Nan Indak Kunjuang Padam (PNIKP) Tanjung Mutiara sebagai panitia pelaksana.

Juara II diraih oleh Grup PNIKP Tanjung Mutiara dengan memperoleh uang tunai Rp2 juta dan tropi. Kemudian juara III diraih grup Gelombang Baraik Tanjung Mutiara, peroleh Rp1 juta dan tropi.

Camat Tanjung Mutiara, Yogi Astarian menyebutkan, sambah manyambah adalah bagian yang tidak terpisahkan dari adat dan budaya Minangkabau. “Selamat pada pemenang, semoga ini mampu memotivasi generasi untuk melestarikannya,” ujarnya.

Camat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan PNIKP ini. “Kita mendorong agar kegiatan ini dijadikan agenda tahunan,” sebutnya.

Menurutnya, kegiatan ini upaya dari “urang tuo” atau sesepuh adat di Tanjung Mutiara untuk membudayakan dan melestarikan pasambahan. Meski hanya diikuti lima grup, tapi acara berjalan sukses.

“Kalau tidak tradisi Minangkabau ini akan punah dan terlupakan,” katanya.

Camat ucapkan terimakasih pada panitia yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan itu dapat merangsang generasi muda untuk mau mempelajarinya. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional