Pemnag Garagahan Bagikan 400 Bibit Kelapa Kepada Masyarakat

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Pemerintah Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, salurkan sebanyak 400 bibit kelapa kepada masyarakat, Senin (25/3).

Pj Walinagari Garagahan, Marliyus mengatakan, penyaluran bibit kelapa ini merupakan upaya Pemerintah Nagari Garagahan untuk mengembalikan marwah Kecamatan Lubuk Basung sebagai penghasil kelapa terbesar dan kualitas terbaik di Sumatera Barat.

“Penyaluran ini dilakukan secara cuma-cuma kepada masyarakat. Untuk tahun ini disalurkan sebanyak 400 bibit kelapa, dan kami mengupayakan untuk lebih ditingkatkan pada tahun selanjutnya,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini produksi kelapa di Nagari Garagahan menurun. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat mengalihkan ke tanaman sawit.

“Bibit kelapa yang dibagikan jenis kelapa hibrida berbatang pendek yang memiliki buah lebat dan sudah berbuah dalam waktu 5 tahun,” jelasnya.

Menurutnya menanam kelapa sama dengan memiliki aset untuk jangka panjang karena tanaman yang satu ini bisa berumur puluhan tahun dan selalu berbuah karena bukan jenis tanaman musiman.

“Kelapa merupakan bagian dalam masakan entah dijadikan santan atau minyak goreng, ia tidak membutuhkan banyak perawatan,” ulasnya. (AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *