Dinkes Agam Gelar Pemilihan Dokter Kecil 2019

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Dinas Kesehatan Kabupaten Agam menggelar Pemilihan Dokter Kecil Tingkat Kabupaten Agam tahun 2019 yang diselenggarakan di aula utama Dinas Kesehatan setempat, Senin (4/3).

Kasi Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Rini Harpega, mengatakan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah salah satu upaya terpadu lintas program dan sektor dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk prilaku hidup bersih dan sehat peserta didik yang berada di sekolah baik tingkat dasar maupun lanjut.

Dalam program UKS peserta didik tidak hanya berperan sebagai objek penerima layanan kesehatan, tetapi juga sebagai subjek, bersama sekolah dan orang tua siswa yang berperan dalam meningkatkan kesehatan dan mewujudkan lingkungan sekolah sehat.

“Peserta berjumlah 23 orang yang terdiri anak PAUD/TK dari utusan masing-masing Puskesmas di 16 kecamatan,” ujar Rini Harpega, kepada AMCNews.co.id, usai menyerahkan peraih Dokter Kecil Kabupaten Agam 2019.

Ia menjelaskan, Pemilihan Dokter Kecil merupakan ajang kreativitas untuk mengasah kemandirian.

“Terkadang anak belum siap kecewa sehingga saya menyarankan tidak hanya pemenang tetapi seluruh peserta dapat bingkisan sebagai apresiasi keberanian mereka,” ujarnya.

Menurutnya, dalam proses pelaksanaan lomba, ia melihat semua anak memiliki potensi yang hebat dan keberanian.

“Tinggal bagi kita sebagai orang dewasa untuk jeli dalam melihat kemampuan mereka dan tidak mematahkan semangat mereka untuk berkreasi,” terangnya.

Pemenang terbaik satu pada lomba pemilihan Dokter Kecil tahun 2019 Tingkat Kabupaten Agam nanti, dijelaskannya, akan mewakili Kabupaten Agam ke tingkat Provinsi Sumbar.

Juara terbaik satu diraih oleh Resa Aprilia utusan dari Puskesmas Baso, terbaik dua diraih Thurfah Aisyah utusan Puskesmas Biaro dan terbaik tiga diraih oleh Adelia Luthifia Jannah utusan Puskesmas Matur.

Apresiasi juga disampaikan oleh Bunda Paud Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri kepada para peserta Dokter Kecil 2019, atas keberanian dan semangat mereka untuk bisa tampil dalam mengaplikasikan ilmunya tentang kesehatan.

“Tidak mudah bagi seorang anak untuk paham tentang ilmu kesehatan. Nah, melalui lomba ini kita bisa melihat bakat dan kemampuan mereka. Saya dapat bocoran, keberanian dan kemampuan mereka sungguh luar biasa,” ujar Ny. Vita dalam sambutannya di hadapan para orangtua dan kepala puskesmas se-Agam.

Pada kesempatan itu, Bunda Paud juga berpesan, agar orangtua di rumah benar-benar bisa mengontrol dan melihatkan prilaku hidup sehat dan bersih kepada anak-anaknya sehingga kelak mereka senantiasa menerapkan hidup yang sehat dan terhindar dari penyakit. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *