Menu

Kemunculan Buaya Empat Meter Resahkan Warga Labuhan, BKSDA Pasang Pengaman

  Dibaca : 158 kali
Kemunculan Buaya Empat Meter Resahkan Warga Labuhan, BKSDA Pasang Pengaman

AMCNews.co.id — Warga Jorong Labuhan, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, diresahkan kemunculan buaya.

Beberapa pekan terakhir, buaya dewasa yang diperkirakan berukuran empat meter tersebut sudah memangsa ternak milik warga.

Azmil salah seorang warga Jorong Labuhan, Senin, (18/2) mengaku satu ekor kambing miliknya telah dimangsa predator dengan nama latin Crocodylus Porosus.

“Sepekan ini, kami melihat 2 ekor buaya, yang satu berukuran dewasa dan satunya berukuran kecil sedang mengintai ternak milik warga,” ungkapnya.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Agam Ade Putra mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi sementara, munculnya buaya diakibatkan kurangnya pakan pada habitat buaya tersebut. Selain itu disebabkan penyempitan lahan warga yang sebagian sudah beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit.

“Direncanakan pada minggu ini, kami bersama warga sekitar lokasi akan memasang jaring pengamanan sepanjang 100 meter dari rawa ke pemukiman masyarakat. Hal ini merupakan antisipasi terhadap buaya tersebut untuk naik ke daratan serta mencegah warga, terutama anak-anak untuk mendekati rawa,” ujarnya.

Dikatakan, saat ini pihaknya beserta tim telah mensosialisasikan kepada masyarakat, sementara waktu untuk tidak beraktifitas di kawasan tersebut. Serta menjaga atau melarang anak-anak agar tidak bermain di lokasi rawa.

“Kami juga mengimbau warga, agar tidak melepas ternak di lokasi tersebut,” ulasnya. (AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional