Resmikan 6 Gedung Pemerintahan, Bupati: Ada Tiga Alasan Mendasar dalam Pembangunan

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Bupati Agam, Dr. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, resmikan enam unit gedung pemerintahan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, di halaman Kantor Camat Tilatang Kamang, Senin (11/2).

Keenam gedung itu Kantor Dinas Dalduk KBPP dan PA, Kantor Camat Tilatang Kamang, Kantor Camat Kamang Magek, Kantor Camat Matur, Puskesmas Magek, dan Puskesmas Palembayan. Pembangunan 6 kantor pemerintahan baru itu menelan anggaran hingga Rp16,6 miliar.

Selain itu Bupati Agam juga meresmikan aula Kantor Nagari Koto Tangah Tilatang Kamang dan Peresmian perubahan status TK Pembina Kamang Magek dari swasta ke negeri.

Acara peresmian ini selain dihadiri oleh pejabat Pemerintah Kabupaten dan legislator, juga dihadiri oleh Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan masyarakat sekitar.

Bupati mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara ini. Dan disampaikan, sejak tahun anggaran 2015 Pemerintah Kabupaten Agam makin concern untuk membenahi sarana dan prasarana publik.

Secara langsung ataupun tidak langsung bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat daerah itu.

Bupati menyebutkan, setidaknya ada tiga alasan mendasar untuk membangun sarana dan prasarana publik ini. Pertama memudahkan urusan masyarakat

“Apabila kantor sudah bagus dan miliki peralatan lengkap, pegawai senang melayani masyarakat, sehingga urusan jadi lebih cepat diselesaikan,” ujarnya.

Kedua mengangkat marwah pegawai, masyarakat dan nagari. Dengan artian, suasana hati pegawai jadi nyaman dan tidak malu dalam melayani tamu, sehingga warga juga senang untuk berurusan.

Ketiga mendorong pertumbuhan wilayah dan pertumbuhan ekonomi. Jika kantor bagus dan pelayanan baik, orang akan suka berkunjung, bahkan bakal jadi contoh dan perbandingan untuk bangunan sekitarnya.

“Dengan demikian, kita harapkan masyarakat menjaga sarana dan prasarana yang telah dibangun ini, agar dapat bertahan dalam jangka waktu panjang,” ujarnya berharap.

Sekda Agam, Martias Wanto Dt Maruhun selaku Ketua Panitia acara peresmian mengatakan, secara berkesinambungan Pemkab Agam terus lakukan pembangunan. Pada periode pertama kepemimpinan Bapak Bupati Agam Dr. Indra Catri, anggaran diarahkan untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, seperti jalan, jembatan dan rehab rekon.

Sedangkan di periode kedua ini, sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan, secara bertahap dilakukan peningkatan dan pembenahan fasilitas pelayanan.

“Pembangunan yang dilakukan meliputi gedung kantor OPD, Puskesmas, kantor camat, Puskesmas Pembantu dan sarana rumah ibadah,” ujarnya.

Sekda menargetkan, hingga tahun 2021 seluruh kantor camat dan puskesmas telah miliki gedung baru, sehingga pelayanan pada masyarakat juga meningkat, dan lebih baik. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *