Menu

Setelah 32 Tahun, TK Trimarga Canduang Koto Laweh Akhirnya Miliki Gedung Baru

  Dibaca : 656 kali
Setelah 32 Tahun, TK Trimarga Canduang Koto Laweh Akhirnya Miliki Gedung Baru

AMCnews.co.id — Taman Kanak-kanak (TK) Trimarga Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam akhirnya miliki gedung baru yang lebih representatif.

Direncanakan, gedung baru ini akan diresmikan langsung oleh Bupati Agam, Dr.Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, Kamis (31/1).

Camat Canduang, Fauzi mengatakan, gedung ini hasil renovasi dari bangunan lama dengan dana desa sebesar Rp524 juta lebih. Ditambah swadaya masyarakat Rp20 juta. Pengerjaan mulai September dan selesai Desember 2018.

“Fasilitas yang dibangun seperti tiga ruangan belajar, satu kantor, dua WC, pagar dan mainan,” ujarnya.

Disebutkan, partisipasi masyarakat dalam pengerjaan ini sangat luar biasa. Bahkan makanan untuk tukang berasal dari swadaya masyarakat.

Dijelaskan, pembangunan gedung TK Trimarga ini di lokasi bangunan lama, yang tanahnya dihibahkan oleh masyarakat. Semoga dengan ini tenaga pendidik juga dapat melahirkan terobosan baru untuk mendidik anak usia dini kedepannya.

Tokoh masyarakat Canduang Koto Laweh, Asril Lubuak Nan Sati mengatakan, awalnya dilokasi ini dibangun gedung SD sekitar tahun 1977 dan tanahnya dihibahkan oleh masyarakat. Pendidikan hanya berlangsung satu tahun dan dialihkan jadi TK diperkirakan tahun 1979.

“Namun, sekitar tahun 1984 pendidikan di TK sempat terhenti karena tidak ada anak yang masuk. Aktif kembali pada 1987 hingga sekarang,” sebutnya.

Disebutkan, dengan telah dibangunnya gedung baru ini, diharapkan pembelajaran terhadap anak usia dini di Kecamatan Canduang jadi lebih baik, karena mereka lah yang akan membangun nagari kedepannya.

Kepala TK Trimarga, Yulia Fatma mengaku senang dengan telah selesainya pembangunan gedung baru. Semoga pendidikan pada anak usia dini kedepannya juga jadi lebih baik.

“Selama pembangunan, proses belajar mengajar dipindahkan ke aula Kantor Wali Nagari Canduang Koto Laweh. Pindah ke gedung baru pada akhir Desember 2018,” ujarnya.

Disebutkan, saat ini di TK Trimarga miliki 68 murid yang juga berasal dari Kecamatan Baso dan tenaga pengajar empat orang. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional