Menu

Monitoring ke Agam, Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Apresiasi Kontribusi KWT

  Dibaca : 156 kali
Monitoring ke Agam, Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar Apresiasi Kontribusi KWT

AMCNews.co.id — Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno, melakukan monitoring ke beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten Agam, yang tergabung ke dalam Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL), Kamis (24/1).

Ny. Nevi didampingi Kepala Dinas Pangan, Efendi, tiba di Agam sekitar pukul 8.00 WIB. Mereka mengawali kunjungan di KWT Pelita Jaya Kecamatan Malalak. Siang harinya di KWT Bungo Campago Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang dan diakhiri di Dasawisma Gracia Koto Tinggi Kecamatan Baso.

Kedatangan tim provinsi disambut baik oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, Walinagari Koto Tangah, tokoh masyarakat dan puluhan anggota KWT yang di dalamnya dimotori oleh kader PKK.

Nevi Irwan Prayitno mengatakan, kedatangannya dalam rangka pembinaan dan monitoring terhadap pelaksanaan pemanfaatan pekarangan melalui kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kabupaten Agam. Sekaligus monitoring pemanfaatan bantuan dana yang pernah diberikan.

Beberapa kelompok wanita membangun rumah bibit, menanam sayur dan buah serta kolam ikan.

Optimalisasi Lahan Pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari adalah suatu upaya untuk meningkatkan gizi keluarga. Pola KRPL merupakan aktualisasi pemanfaatan lahan pekarangan secara optimal dengan maksimalisasi produktifitas lahan lain yang ada di lingkungannya untuk pengembangan ketersediaan pangan yang beranekaragam tiap rumah dalam suatu wilayah desa.

“Konsep KRPL yang ditumbuhkembangkan mempunyai pengertian sebagai kawasan yang dibangun dari beberapa Rumah Pangan Lestari, yakni unit-unit rumah tangga yang menerapkan prinsip pemanfaatan pekarangan secara optimal berbasis partisipasi aktif dan kolektifitas dalam masyarakatnya,” ujarnya.

Ia mengharapkan target yang ingin dicapai lewat KRPL, adalah meningkatkan keanekaragaman dan keseimbangan pangan masyarakat dalam kawasan yang ditunjukkan dengan meningkatnya skor Pola Pangan Harapan (PPH) di daerah itu. Serta penurunan pangsa pengeluaran pangan tingkat rumah tangga (P3RT) semakin kecil P3RT maka semakin mantap aspek ketahanan pangannya.

“Kita apresiasi KWT di Kabupaten Agam yang berperan aktif dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat, semoga menjadi contoh bagi daerah lainnya,” terangnya.

Sedangkan Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, menyampaikan bahwa kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan sangat bermanfaat bagi pemenuhan pangan keluarga dan berdampak pada stabilisasi tingkat inflasi di Kabupaten Agam

Karena itu, Ny. Vita berterimakasih kepada ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT), Dasawisma dan kader PKK yang telah berperan dan berpartisipasi aktif pada kegiatan ini.

“Kita berharap ke depannya, program ini berlanjut dan bisa dirasakan merata oleh semua lapisan masyarakat,” jelas Ny. Vita. (AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional