Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Goro Banagari Jadi Agenda Rutin di Nagari Sariak

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, menggiatkan gotong royong banagari dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih di nagari itu.

Wali Nagari Sariak, Junaidi Dt Bandaro Gadang mengatakan, gotong royong banagari ini sudah lama dilaksanakan tapi belum maksimal. Namun sekarang digiatkan sampai ke fasilitas umum dengan melibatkan seluruh komponen

“Gotong royong banagari dimaksimalkan sejak awal 2019, yang dilakukan bersama masyarakat, pemuda dan anak-anak,” ujar Junaidi Dt Bandaro Gadang, saat berbincang-bincang di Sariak, Minggu (13/1).

Pihaknya telah menetapkan goro banagari bersama masyarakat dan pemuda tiga bulan sekali, anak-anak didikan subuh dua bulan sekali, sedangkan goro di masing-masing jorong dua bulan sekali.

Dijelaskan, goro banagari selain jadikan lingkungan bersih, juga sebagai upaya dalam memberikan kesadaran pada masyarakat dan generasi muda bagaimana tanamkan nagari jadi milik anak nagari. Sedangkan pemerintah hanya berikan stimulan kegiatan pembangunan termasuk mental dan sikap.

“Sebelum goro banagari dibentuk, kita lakukan rapat dengan seluruh ninik mamak yang ada dan mengajak merangkul anak kemenakan untuk ikut serta dalam kegiatan sosial ini,” ujarnya.

Hasil rapat memutuskan bahwa ninik mamak setuju dan sependapat dengan pandangan Wali Nagari Sariak tersebut, sehingga ninik mamak juga diminta ikut hadir di lapangan ketika goro dilaksanakan.

“Hal ini sudah jadi kewajiban bagi ninik mamak untuk tanamkan rasa banagari dan tanggungjawab pada anak kemenakan,” sebutnya.

Menurut Junaidi, pemerintah tidak bisa berbuat tanpa dukungan ninik mamak dan pemuda, sehingga pihaknya berkomitmen goro banagari dijadikan kegiatan rutin di nagari itu. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *