Menu

Nagari Garagahan Ciptakan Kampung Bersih

  Dibaca : 112 kali
Nagari Garagahan Ciptakan Kampung Bersih

AMCNews.co.id — Pemerintah Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, sebarkan 60 tonk sampah di beberapa titik di kenagarian tersebut, upaya agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Pj Walinagari, Marlius pada AMCNews.co.id via ponsel mengatakan, penyebaran tonk sampah ini adalah untuk menciptakan Nagari Garagahan yang bersih, dan tidak terlepas pula, sebagai bentuk upaya menggerakan program strategis pemerintah Kabupaten Agam yaitu Agam mandiri, madani, dan berprestasi.

“Dari 60 tonk sampah itu kami sebarkan 15 tonk per-jorong yang ada di kenagarian Garagahan, ” ujarnya.

Hal ini juga merupakan upaya mencegah terjadinya pembuangan sampah di sepanjang aliran irigasi sawah, sebagaimana yang pernah dialami, setiap hujan deras melanda, air irigasi meluap ke badan jalan.

Dikatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup, agar melatakan satu unit bak kontener untuk menampung sampah dari setiap bak yang disebarkan.

“Kami juga coba berkoordinasi dengan masyarakat di masing-masing jorong, mencari sukarelawan yang dapat mengampung sampah di setiap tonk yang tersebar, dan kami juga usahakan nantinya satu unit becak motor per-jorong untuk membawa sampah tersebut, ” ulasnya.

Ia berharap, seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat, niniak mamak, bundo kanduang, dan sebagainya, agar dapat ikut serta dalam menggerakan dan menciptakan kampung bersih di Nagari Garagahan ini.-
(AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional