Program DPKP Agam Beternak Ikan, 857.500 Ekor Bibit Telah Disalurkan

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam, telah merealisasikan sebanyak 857.500 ekor bibit ikan kepada masyarakat daerah itu tahun 2018.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto di ruangan kerjanya, Rabu (2/1) menyebutkan, jenis bibit ikan yang direalisasikan seperti nila, mas dan koi.

“Bibit diserahkan secara gratis pada masyarakat baik untuk kolam maupun bandar larangan dan lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah realisasi jauh dari yang ditargetkan sebanyak 2 juta ekor, karena permintaan bibit dari masyarakat kurang akibat faktor cuaca sering ekstreme, kurangnya keinginan beternak ikan dan lainnya.

“Kita terus berupaya bagaimana minat masyarakat beternak ikan dapat meningkat, dengan mendorong untuk memfungsikan kembali kolam-kolam yang tidak terpakai atau membuat kolam baru dan mina padi,” sebutnya.

Peluang masyarakat untuk beternak ikan terbuka luas, apabila ingin buka usaha itu bisa mengajukan proposal pada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, untuk mendapatkan bibit secara gratis.

“Kita juga lakukan sosialisasi setiap ada pertemuan dengan masyarakat, semoga dengan cara ini timbul keinginan beternak ikan,” ujarnya berharap.

Mendukung hal tersebut, 2018 pihaknya telah cetak kolam baru 5,19 hektar yang tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Tilatang Kamang, Kamang Magek dan Palembayan.

Sedangkan untuk mina padi sudah direalisasikan 10 hektar, dengan rincian 5 hektar dari DAK 2018 dan 5 hektar bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Jambi.

Beternak ikan selain dapat meningkatkan perekonomian juga menjadi sumber gizi bagi masyarakat. Capaian tingkat konsumsi ikan pada 2018 naik menjadi 32,96 per kapita per tahun, dari 28 kilogram per kapita per tahun. (TAM)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *