Menu

Masyarakat Kamang Tangah Apresiasikan ” Kampungku, Kampung Qur’an”

  Dibaca : 243 kali
Masyarakat Kamang Tangah Apresiasikan ” Kampungku, Kampung Qur’an”

AMCNews.co.id — Dalam rangka mendukung program strategis Pemkab Agam yaitu Nagari Madani, Pemerintah Nagari persiapan Kamang Tangah, kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, dalam waktu dekat ini akan canangkan program Kampung Ku Kampung Qur’an.

Ketua Bidang Pembinaan Usia Dini pada program tersebut, Marwan Kari Mangkuto pada AMCNews.co.id, Rabu (2/1) mengatakan, konsep dari kampung ku kampung Qur’an tersebut berupa mendekatkan dan membiasakan masyarakat baik gemar membaca, pengkajian sekaligus tahfiz dilingkungan setempat.

“Saat ini masih dalam persiapan dan InsyaAllah dalam waktu dekat ini program tersebut bisa dimulai, “ujarnya.

Dijelaskan, program tersebut nantinya dibentuk beberapa halaqah masjid dan mushalla, dan setiap halaqah beranggotakan maksimal 10 orang yang dibimbing 1 orang mentor untuk mengawasi dan evaluasi hafalan.

Selain mendekatkan diri dengan Al-Qur’an program itu juga bertujuan untuk membentengi generasi muda dari pengaruh buruk dari luar lingkungan.

Sementara itu PJ Walinagari Kamang Tangah, Amdanir mengatakan, mendalami ilmu Al Qur’an memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Kamang Tangah, sehingga saat ide Kampung Quran tersebut dimunculkan langsung, dan mendapat respons positif dari masyarakat.

“Sebelumnya Kamang Tangah sukses dengan program Magrib mengaji, subuh berjamaah, serta wajib berbusana muslimah, jadi saat program pembentukan kampung Qur’an digagas, langsung mendapat apresiasi masyarakat, dan perantau, terbukti dengan sumbangan dana dan alquran untuk mendukung program tersebut, “ungkapnya.

Selain itu, untuk mengisi waktu libur sekolah, pihaknya juga menggelar pesantren kilat tahfiz, yaitunya selama 15 hari, peserta pelatihan diberi pengetahuan tentang Alqur’an, baik berupa ilmu tajwid, hafalan serta berbagai ilmu agama Islam.

“Untuk target selama pelatihan, siswa bisa menambah 1 juz hafalan, kita berharap, kedepannya bisa merangsang munculnya para hafiz muda di nagari Kamang Tangah, “ulasnya (AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional