Menu

Pemkab Agam Musnahkan 26.278 Keping E-KTP Invalid

  Dibaca : 136 kali
Pemkab Agam Musnahkan 26.278 Keping E-KTP Invalid

AMCnews.co.id-. Pemerintah kabupaten Agam melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam, memusnahkan sebanyak 26.278 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Disdukcapil Kabupaten Agam Lubuk Basung, Selasa, (18/12) ini, disaksikan Bupati Agam diwakili oleh Asisten I setda Agam Rahman, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam Riko Antoni, perwakilan Kapolres Agam, dan beberapa OPD.

Rahman mengatakan, pemusnahan ini merupakan bagian dari upaya untuk menghindari penyalahgunaan e-KTP oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

“ Kita di Kabupaten Agam, telah melaksanakan, baik mekanisme penerbitan pencabutan e-KTP ini secara jelas serta sesuai dengan perundang-undangan,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil Agam Misran mengatakan, kegiatan ini merupakan intruksi dari Kemendagri Nomor : 471.13/24149/Dukcapil tanggal 17 Desember 2018 perihal pelaksanaan pemusnahan e-KTP dalam bentuk dua kategori diantaranya, e-KTP rusak dan invalid dengan cara dibakar dengan menyertakan Berita Acara Pemusnahan, yang nantinya akan dilaporkan secara berjenjang.

“Sebanyak 26.278 keping e-KTP yang dimusnahkan pada hari ini, dengan rincian rusak dan invalid data sebanyak 22.350 keping, dan rusak karena karena pindah datang 2.500 keping, kemudian rusak berat atau tidak terbaca diantaranya, pecah, patah, dan terkelupas 1.428,” ujarnya

Dikatakan, untuk saat ini sekitar 236 daerah Kabupaten/Kota yang ada di seluruh Indonesia yang telah melakukan pemusnahan, termasuk Kabupate Agam(AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional