Menu

Wabup Agam Buka Festival Pesona Danau Maninjau

  Dibaca : 128 kali
Wabup Agam Buka Festival Pesona Danau Maninjau

AMCnews.co.id. Pemkab. Agam, melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) gelar Festival Pesona Danau Maninjau 2018, di Objek Wisata Muko-Muko, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu, (15/12).

Iven ini dibuka oleh Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, ditandai dengan pemukulan tansa didampingi Kepala Disparpora, Erniwati, Kepala Dinas Pertanian Agam, Isman Imran, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Trinda Farhan Satria mengatakan, bahwa kegiatan ini bagian dari program Save Maninjau dan sebagai persiapan dari wacana Festival Pesona Danau Maninjau berskala nasional pada 2020 mendatang.

Wabup mengharapkan tahun depan kegiatan ini tetap digelar seiring dengan peresmian Objek Wisata Linggai, minimal tingkat Sumatera Barat sebagai bentuk mempromosikan wisata baru pada publik.

“Tahun ini baru mengakomodir empat kegiatan, semoga 2020 kita bisa melaksanakan iven yang lebih besar, beragam dan mendunia,” ujarnya.

Untuk iven pada 2020, wabup sudah membahasnya bersama kepala OPD terkait dan kegiatannya telah dioptimalkan mulai dari udara dengan event paralayang, danau dengan dayungnya dan darat bisa saja bentuk fun bike, marathon geopark dan sebagainya.

Menurutnya, dengan menggelar kegiatan yang lebih besar, dapat mengundang wisatawan lebih ramai berkunjung, apalagi di Agam, khususnya Tanjung Raya akan menghadirkan Linggai sebagai objek wisata baru.

Kepala Disparpora Agam, Erniwati menyebutkan, iven ini digelar untuk mempromosikan pariwisata di Agam khususnya Danau Maninjau, sekaligus melestarikan seni dan budaya Minangkabau yang ada di wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, Erniwati menegaskan, kegiatan tersebut mendukung program Save Maninjau serta bisa meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Kabupaten Agam.

Kegiatan yang digelar dalam iven ini yaitu, lomba tambua tansa diikuti 38 grup, tambua pupuik batang padi 15 grup, lomba Asmaul Husna 48 grup, eksebisi lomba dayung tingkat Sumbar dan pacu biduak, sedang, lomba kano dan kayak ditampilkan dalam bentuk parade.-
(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional