Menu

Nagari Tiku Selatan Dapat Penghargaan Desa Terbaik dari Kemendes PDTT

  Dibaca : 218 kali
Nagari Tiku Selatan Dapat Penghargaan Desa Terbaik dari Kemendes PDTT

AMCNews.co.id — Salah satu desa/nagari di Kabupaten Agam tepatnya Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara, bakal dapat penghargaan desa terbaik se-Indonesia dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Kemendes PDTT).

“Ini adalah bentuk pemberian penghargaan desa dengan Indeks Desa Membangun (IDM) terbaik di 33 Provinsi se-Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Teddy Martha, Rabu (28/11) di Lubuk Basung.

Menurutnya, penghargaan ini diberikan berdasarkan pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2018, yang dibagi menjadi tiga komponen, yakni, Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan.

Menurutnya, perangkat indikator yang dikembangkan dalam IDM tersebut dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan.

Sehingga, aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan desa.

Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian desa berdasarkan implementasi Undang-Undang desa dengan dukungan dana desa serta pendamping desa. Indeks Desa Membangun mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah desa yaitu tipologi dan modal sosial.

“Dari hasil penilaian tersebut Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam layak untuk masuk 10 besar Nasional berdasarkan pengukuran Indeks IDM tahun 2018.

Dan untuk penghargaan ini akan diberikan kepada Kepala Daerah (Bupati/Walikota) dari perwakilan 33 provinsi yang terbaik. Insya Allah, besok Wakil Bupati akan menerima penghargaan ini di Jakarta didampingi Camat Tanjung Mutiara dan Walinagari Tiku Selatan,” jelas Teddy menjelaskan.
(AMC06)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional