BPBD Agam Harapkan KSB Nagari di Malalak Jadi TRC

  • Bagikan

AMCNews.co.id.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam berikan pelatihan penyelenggaraan penanggulangan bencana kepada Kelompok Siaga Bencana (KSB) nagari, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, di aula kantor Camat Malalak, Selasa, (27/11).

Pelatihan dibuka Camat Malalak Ricky Eka Putra, S.STP dan diikuti anggota 30 orang peserta KSB nagari.

Ricky Eka Putra mengatakan, apresiasinya dan dukungan yang luar biasa terhadap Kelompok Siaga Bencana (KSB) nagari yang telah berhimpun dan menyatukan tekat dalam membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) kecamatan Malalak.

“Dan ucapan terima kasih kepada BPBD Agam yang telah memfasilitasi pengurus dan anggota KSB dengan ilmu dan pengetahuan serta keterampilan penanganan penanggulangan bencana,” ujarnya.

Dijelaskan, sosialisasi ini merupakan peningkatan kapasitas KSB nagari yang bertujuan untuk membangun budaya siaga bencana, demi terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana sekaligus rencana aksi penerapan terbentuknya tim reaksi cepat penanggulangan bencana.

Dilain itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi mengatakan, melalui pelatihan dan sosialisasi ini dapat dijadikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi diri sendiri, keluarga dan komunitas.

“Untuk kedepan KSB nagari kecamatan Malalak ini,  agar dapat menjadi Tim Reaksi Cepat (TRC) kecamatan,” ujarnya

Ia berharap, anggota KSB dapat lebih awal mengambil sikap pelaksanaan penanggulangan bencana,”bila perlu anggota KSB sebagai TRC awal melaksanakan penanganan dilokasi kejadian, sekaligus memberikan penanganan penyelamatan saat bencana dan tanggap darurat,” ulasnya (AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *