Menu

Agam Targetkan 30 Ribu Batang Bibit Kelapa Tersalurkan Selama 2018

  Dibaca : 170 kali
Agam Targetkan 30 Ribu Batang Bibit Kelapa Tersalurkan Selama 2018

AMCnews.co.id . Pemerintah Kabupaten Agam, targetkan 30 ribu batang bibit kelapa tersalurkan pada masyarakat selama 2018.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengembalikan Agam sebagai sentra kelapa yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Agam, Ermanto bahwa penyaluran bibit kelapa dilakukan sejak Juni 2018, di mana sampai saat ini bibit telah disalurkan sebanyak 24 ribu batang pada masyarakat secara gratis.

“Bibit disalurkan pada tujuh kecamatan yang cocok ditanami kelapa masing-masing, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Tanjung Mutiara, Ampek Nagari, Palembayan, Palupuah dan Malalak,” ujar Ermanto via ponsel, Jum’at, (16/11).

Menurutnya, penyaluran bibit kelapa sebagai upaya untuk peremajaan kelapa masyarakat yang sudah berumur tua, bahkan ada yang mencapai 100 tahun, sehingga jarang berbuah.

“Dengan demikian, kelapa banyak ditebang tanpa dilakukan peremajaan, sehingga kelapa yang berkualitas di Agam sudah mulai berkurang,” ujarnya.

Selama ini Agam dikenal dengan kelapa yang miliki santan cukup baik, namun dengan kurangnya produksi kelapa membuat kebutuhan kelapa di Agam semakin menipis.

Mengatasi hal itu, Bupati Agam menganjurkan masyarakat kembali menanam kelapa, karena selain jadi kebutuhan sehari-hari, juga dapat meningkatkan perekonomian.

“Jika setiap warga menanam kelapa, setidaknya untuk kebutuhan sehari-hari mereka tidak membeli,” ujar Ermanto lagi. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional