Menu

Anggota KATANA Ikuti Simulasi Kebencanaan

  Dibaca : 180 kali
Anggota KATANA Ikuti Simulasi Kebencanaan

AMCnews.co.id. Peserta Kampung Tanggap Bencana (KATANA), di Jorong Kampuang Dadok, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, mengikuti simulasi kebencanaan, dibawah bimbingan BPBD Agam, Minggu, (11/11).

Kegiatan ini digelar setelah diresmikannya Jorong Data Kampuang Dadok sebagai kampung tanggap bencana oleh Bupati Agam, diwakili Asisten I Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik, Rahman.

Simulai digelar terkait bencana gempa bumi yang diiringi tanah longsor, diikuti 28 orang anggota kampung tanggap bencana, puluhan pelajar dan masyarakat yang dibimbing BPBD dan PMI.

Kalaksa BPBD Agam, diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Yunaidi menyebutkan, kegiatan ini dikemas sedemikian rupa sebagaimana terjadinya bencana sungguhan, suasananya masyarakat sedang melakukan aktifitas sehari-hari.

Ketika sirine dibunyikan masyarakat berhamburan mencari perlindungan dan anggota kampung tanggap bencana sebagai tim evakuasi berikan pertolongan pada korban.

“Dengan simulasi ini kita berharap masyarakat lebih tanggap dengan bencana dan mampu berikan pertolongan terutama pada diri sendiri, sehingga dapat menekan terjadinya korban jiwa” ujarnya.

Menurutnya, diresmikannya Data Kampuang Dadok sebagai kampung tanggap bencana, tentu masyarakatnya juga harus memiliki kemampuan khusus apabila terjadi bencana.

“Saat simulasi anggota kampung tanggap bencana diberikan pengetahuan cara menyelamatkan diri, cara mengevakuasi korban dengan baik,” kata Yunaidi.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi menyampaikan terimakasih pada Baznas Tanggap Bencana (BTB) dan BPBD Agam yang telah melakukan kegiatan ini di Data Kampuang Dadok.

“Data Kampuang Dadok merupakan lokasi bekas terjadinya tanah longsor 2013 lalu, sehingga sangat diperlukan kemampuan khusus bagi masyarakat apabila nanti terjadi bencana,” ujarnya.

Disebutkan, tidak ada yang menginginkan terjadinya bencana, namun semua kehendak yang maha kuasa, sebagai umatnya hanya perlu mewaspadai bagaimana bencana tidak terjadi.  (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional