Tingkatkan Wawasan Kembangkan Peternakan, Poktan Hulu Aia Kamang Mudiak Studi Tour ke BPTU-HPT

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Kelompok Tani Hulu Aia Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, studi tour ke Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangatas, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengembangan potensi peternakan, Rabu (31/10).

Rombongan yang beranggotakan 25 orang itu, dipimpin oleh Riswandi  selaku Penyuluh Peternakan Kecamatan Kamang Magek, yang disambut oleh Armen, Bagian Jasa Informasi dan Produksi BPTU HPT Padang Mangatas.

Kepada rombongan, Armen menjelaskan bahwa total luas area peternakan di Padang Mangatas mencapai 280 hektar, dengan areal padang rumput pengembalaan 268 hektar, sedangkan sapi yang dikembangkan adalah jenis simental, limousin dan pesisir.

“Dengan areal yang luas, BPTU HPT Padang Mangatas dapat menampung ternak sapi sebanyak 200 ekor”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Armen menambahkan bahwa, dalam berusaha ternak sapi, yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan, dengan memberikan pakan hijauan yang berkualitas. “Berikan hijauan 10 persen dari bobot hidup sapi tersebut”, ujarnya.

Riswandi, berharap dengan adanya study tour ini, akan menambah pengetahuan anggota kelompok dalam melakukan usaha peternakan.

Saat ini, ungkap Riswandi, Poktan Hulu Aia memiliki sapi simental sebanyak 10 ekor dan kerbau 6 ekor. Sehingga, kunjungan ke BPTU-HPT diharapkan menambah motivasi anggota Poktan untuk terus mengembangkan populasi ternak yang dimiliki.

“Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar meningkatkan populasi ternak hewan besar khususnya sapi dengan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB)”, ungkap Riswandi.

Sebelum mengakhiri pertemuan, pihak BPTU HPT Padang Mangatas memberikan oleh-oleh kepada Poktan Hulu Air berupa biji tanaman Indigofera, yang merupakan pakan ternak unggul jenis legum yang mempunyai kadar protein sekitar 35 persen. (AMC05).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *