Warga Kamang  Magek Gelar Aksi Bersih Batang Agam

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Masyarakat kecamatan Kamang Magek, kabupaten Agam  gelar aksi peduli dan bersih-bersih aliran sungai Batang Agam yang selama ini sudah dipenuhi tumpukan berbagai jenis sampah yang memicu tersekatnya aliran sungai bahkan memicu banjir.

Aksi bersih-bersih dalam rangkaian peringatan World Clean Up Day ( WCD) atau hari bersih-bersih sedunia tahun 2018 itu, diikuti ratusan warga dari berbagai kelompok di kecamatan Kamang Magek, gelar aksi bersih aliran sungai Batang Agam, Sabtu,(15/9).

Aksi bersih-bersih yang dipimpin Harmezi, camat Kamang Magek, diikuti masyarakat nagari Kamang Hilia, tim Dishub Agam, tim BPBD Agam, Satpol PP, PMI, TKSK-PKH, dan NGO yang ada di wilayah tersebut.

Aksi peduli lingkungan yang mendapat perhatian luas masyarakat dari berbagai kalangan iti, merupakan aksi bersih-bersih perdana yang dilakukan masyarakat secara massal, sebagai salah satu wujud kebersamaan dan kepedulian yang sukses terbangun di kecamatan Kamang Magek.

Camat Kamang Magek Harmezi, kegiatan bersih-bersih aliran sungai Batang Agam itu sebetulnya sudah sejak lama direncanakan pihaknya, terutama melihat kondisi sungai yang mamin memprihatinkan.

Hasil survey pihaknya, sepanjang aliran sungai Batang Agam kondisinya justru memprihatin -kan akibat pembuangan sampah sembarangan. Bahkan, banyak sampah plastik yang menumpukdi beberapa titik di sepanjang sungai, sehingga menyebabkan aliran air tersumbat.

Untuk kegiatan tersebut,pihaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk dukungan truk pengangkut sampah, sehingga berbagai jenis sampah yang berhasil dikumpulkan oleh para relawan lingkungan tersebut, langsung dibuang.

“ Aksi peduli lingkungan dalam rangka peringatan hari bersih-bersih sedunia itu, dijadualkan akan dikawal pihaknya secara rutin,sehingga aliran sungai Batang Agam bisa lancar dan tidak laci memicu masalah banjir, “ sebut Harmezi.

AMC04

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *