Idul Adha 1439 H, Masyarakat Bancah Taleh Sembelih Enam Hewan Qurban

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Masyarakat Jorong I Bancah Taleh, Nagari Geragahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, bakal menyembelih enam ekor hewan qurban pada Idul Adha 1439 hijriyah nanti.

Tokoh masyarakat Bancah Taleh, Bahar St Sulaeman menjawab
AMCnews.co.id, Minggu (19/8) menyebutkan, penyembelihan dilakukan atas nama Mushala Simpang Nyiur, hewan yang disembelih adalah sapi.

“Jumlah hewan qurban tahun ini sama dengan tahun sebelumnya, namun harganya naik menjadi Rp.2,4 juta untuk satu orang,” ujarnya.

Hal itu karena harga sapi mengalami peningkatan, sehingga harga qurban juga ikut naik supaya bisa membeli sapi yang lebih besar untuk disembelih.

Disebutkan, penyembelihan dilakukan sehari setelah pelaksanaan Shalat ID, tepatnya Kamis 23 Agustus 2018 atau 11 Dzulhijjah, di halaman Mushala Simpang Nyiur Bancah Taleh.

Menurutnya, jika disembelih setelah Shalat ID, nanti pengerjaannya tidak efektif, sehingga ditakutkan masyarakat tidak kebagian daging qurban.

Lebih lanjut, mantan pengurus Masjid Jihad itu menyebutkan, selama ini di Bancah Taleh qurban dilakukan atas nama Mushala Simpang Nyiur, kedepan masyarakat akan mencoba bermusyawarah dengan pengurus masjid untuk membentuk qurban atas nama masjid pada Idul Adha berikutnya.

“Selesai qurban tahun ini, kita akan bermusyawarah dengan pengurus masjid untuk membentuk qurban atas nama masjid dan pelaksanaannya digabung dengan qurban mushala,” ujarnya.

Jika pengurus masjid sepakat, langsung dibentuk bendahara penghimpun dana qurbannya.

“Semoga, kedepan jumlah hewan qurban di Bancah Taleh meningkat, sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat dibantu,” ujarnya berharap.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.