Baznas Agam Tebar Qurban ke Pelosok Nagari Pada Idul Adha 1439 H

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, kembali menggerakkan program tebar qurban pelosok nagari pada Idul Adha 1439 Hijriah.

Ketua Basnaz Agam, melalui staf bidang program Dodi Mulya Putra, menjawab AMCnews.co.id, di Lubuk Basung, Kamis (2/8) menyebutkan, ini merupakan program tahunan Baznas Agam yang sudah dimulai sejak 2008.

“Program ini bertujuan bagaimana kita membantu masyarakat kurang mampu dapat menikmati daging qurban seperti masyarakat lainnya,” ujarnya.

Qurban dilakukan pada masyarakat pelosok nagari, yang diusulkan pengurus mushala sekitar mereka tinggal. Bahkan Idul Adha 1439 hijriah, Baznas Agam kembali menggerakkan program itu, di mana saat ini masyarakat yang ikut qurban baru lima orang.

“Lima orang masing-masing hewan qurbannya satu ekor kambing dengan harga Rp. 2,3 juta, sedangkan untuk hewan ternak sapi harus tujuh orang yang ikut qurban, sesuai anjuran dalam agama Islam,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman tahun lalu, masyarakat banyak ikut qurban ketika beberapa hari jelang Shalat Idul Adha, dan diharapkan kuota yang ada bertambah sehingga semakin banyak mustahik yang dapat menikmati daging qurban.

Sementara itu, lokasi untuk qurban baru satu di Tandikek Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, yang sudah diusulkan pengurus mushala sekitar. Berdasarkan usulannya, warga di situ ada sekitar 95 jiwa yang belum pernah menikmati daging hewan qurban.

“Namun, sebelumnya kita harus melakukan survei lokasi memastikan laporan yang diberikan pada Baznas,” katanya.

Dodi menyebutkan, bahwa Idul Adha 1438 Hijriah hewan qurban satu disalurkan pada dua lokasi antara lain, di Simaruok, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung berupa satu ekor sapi dan satu kambing, Padang Mardani Kecamatan Lubuk Basung tiga ekor kambing.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.