Penjabat Walinagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam Resmi Dilantik

  • Bagikan
Pelantikan Pejabat Wali Nagari Persiapan Durian Kapeh Kecamatan Tanjung Mutiara

AMCNews.co.id Bupati Agam yang diwakili Sekda Agam Martias Wanto, melantik Iswan Hendri, sebagai Penjabat Walinagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam Kecamatan Tanjung Mutiara, Jumat (27/7) di Durian Kapeh.

Nagari persiapan Durian Kapeh Darussalam merupakan hasil pemekaran dari induk yakni Nagari Tiku Utara, kecamatan Tanjung Mutiara yang sudah diusulkan masyarakat sejak tahun 2017 lalu.

“Dengan keinginan yang kuat dari masyarakat serta kerjasama dan dukungan dari semua unsur dalam melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, harapan masyarakat itu terwujud saat ini, ” ungkap bupati dalam sambutannya tertulisnya.

Ditambahkan, dilantiknya penjabat Wali Nagari persiapan maka secara yuridis telah terbentuk pemerintahan nagari persiapan Durian Kapeh Darussalam, namun secara administrasi pemerintahan nagari Tiku Utara sebagai nagari induk.

Ditambahkan, Wali nagari diminta segera membuat penetapan batas wilayah antar nagari yang dilengkapi dengan semua administrasi pembentukan nagari definitif, serta membuat perencanaan pembangunan pusat pemerintah nagari.

Ke-tiga hal ini menurut bupati, harus menjadi prioritas bagi wali nagari, karena menjadi syarat terpenting mewujudkan nagari definitif.

Sekda memberikan waktu satu sampai tiga tahun dalam mempersiapkan sebagai nagari defenitif.
“Apabila tidak mampu maka status akan kembali kepada nagari induk. Oleh karena itu, penjabat walinagari saya minta bisa merangkul semua pihak yang ada di nagari, baik dikampung maupun di rantau, ” ulasnya.

Dilain pihak, sambutan dari perwakilan masyarakat seperti disampaikan H. Dasiri, Dt. Rang Kayo Bungsu, menyatakan terimakasih kepada pemerintah daerah yang sudah mengawal dan mendukung penuh Nagari Tiku Utara dimekarkan menjadi Nagari Persiapan Durian Kapeh.

“Ini membuktikan bentuk komitmen kita bersama pemerintah nagari dan seluruh tokoh masyarakat dalam mengawal pembentukan nagari baru” jelasnya. (AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.