Menu

Jelang Livestock Expo, Distan Agam Seleksi Calon Kontestan Ternak

  Dibaca : 269 kali
Jelang Livestock Expo, Distan Agam Seleksi Calon Kontestan Ternak

AMCNews.co.id. Untuk meraih hasil terbaik dalam gelaran Livestock Expo Sumatera Barat 2018 tanggal 27-29 September 2018 mendatang di Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Pertanian Kabupaten Agam seleksi hewan ternak untuk diikutsertakan pada event tersebut.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Pertanian Agam, Ir. Arief Restu, M. Si, mengatakan, secara marathon pihaknya akan melihat potensi ternak berdasarkan usulan petugas peternakan di kecamatan. “Setiap tahun, Kabupaten Agam sering mendapatkan gelar juara dari beberapa kategori yang dilombakan”, ujarnya, saat menseleksi calon kontestan ternak Livestock Expo, Jumat (27/7) di  Ampek Angkek.

Dijelaskan Arief Restu, penampakan ekspresi potensi ternak secara mendasar dipengaruhi dua faktor utama yang saling terkait, yakni faktor genetik dan lingkungan termasuk manajemen pemeliharaan secara menyeluruh.

Untuk itu, selain melakukan seleksi terhadap hewan ternak yang akan dilombakan, kunjungan langsung ke lokasi-lokasi peternakan juga bertujuan untuk melakukan pembinaan terhadap peternak.

“Sebagus apapun potensi genetik ternak tersebut, tidak akan terekspresikan secara optimal bila tidak didukung oleh lingkungan dan manajemen yang maksimal”, jelasnya.

Sementara itu, Ronal Depson, S.Pt, M.Si, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, mengatakan acara Livestock Expo merupakan ajang penampilan hasil produk-produk peternakan dan kesehatan hewan yang dikemas secara terpadu dalam bentuk pameran promosi peternakan, kontes ternak, lomba asah terampil, cerdas cermat, pelayanan bakti peternakan dan kesehatan hewan, serta lomba seni dan olahraga.

“Livestock Expo merupakan gelaran tahunan yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi peternakan di Kabupaten Agam”, ungkap Ronal. –

AMC04/ARIEF SARTANA

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional