Menu

Pensi – Rinuak Ikon Danau Maninjau Yang Selalu Dicari

  Dibaca : 391 kali
Pensi – Rinuak Ikon Danau Maninjau Yang Selalu Dicari

AMC.news.co.id — Danau Maninjau salah satu destinasi wisata di kabupaten Agam yang banyak dikunjungi wisatawan hingga kini.  Danau Maninjau memiliki keindahan panorama tersendirii, selain memiliki pesona yang indah Danau Maninjau juga dikenal sebagai salah satu potensi alam yang memantau sumber makanan.

Salah satu yang terkenal dihasilkan danau Maninjau adalah olahan dari pensi dan rinuak yang dijadikan sebagai makanan dan cemilan.

Pensi merupakan kerang air tawar danau yang berukuran kecil, diolah menjadi berbagai aneka penganan seperti cemilan dan lauk-pauk. Cemilan pensi merupakan salah satu ikon dari objek wisata danau Maninjau, keistimewaan pensi itu sendiri terletak pada rasanya yang nikmat. Pengolahanya cukup mudah dengan campuran beberapa bumbu rempah-rempah yang berkualitas, sehingga pensi memiliki rasa yang enak.

Selain itu, pensi memiliki kandungan gizi yang tinggi untuk meningkatkan stamina dan kecerdasan otak. Cemilan pensi bisa ditemukan di warung-warung dan kedai sekitar danau Maninjau, para pedagang pensi biasanya menjual menggunakan takaran gelas, biasanya pedagang mematok harga antara Rp, 3.000 – 5.000 pergelas.

Pengunjung yang datang ke danau Maninjau bahkan sebagian orang rela datang dari luar daerah hanya untuk bisa mencari makanan pensi sembari menikmati keindahan panorama danau Maninjau.

Selain pensi, rinuak juga menjadi salah satu makanan di Maninjau, karena rinuak hanya ada  danau Maninjau. Rinuak merupakan ikan kecil yang berukuran kurang lebih 2 cm, biasanya rinuak diolah menjadi berbagai makanan seperti digoreng, digulai, pregedel, keripik dan dipalai, akan tetapi olahan yang banyak dikenal orang adalah palai rinuak yang dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Maninjau.

Anda penasaran mencobanya, silahkan nikmati di sekitar kawasan wisata danau Maninjau.

(ARY)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional