Menu

“Gulai Kapalo Lauak jo Langkinang ” Kuliner Khas Tiku Penggoda Selera

  Dibaca : 515 kali
“Gulai Kapalo Lauak jo Langkinang ” Kuliner Khas Tiku Penggoda Selera

AMC.news.co.id — Urusan kuliner, kabupaten Agam adalah ” rajanya” di Sumatera Barat. Banyak jenis makanan penggoda selera yang diburu untuk dinikmati. Apalagi moment hari raya Idul Fitri saat ini bagi para perantau untuk menghabiskan waktu bersama sanak saudara dan keluarga untuk berkumpul dan bersilahturahmi.

Bukan itu saja, melepaskan rindu dengan kampung halaman yang telah lama ditinggal dan menikmati masakan khas daerah serta mengunjungi tempat wisata.

Di kabupaten Agam, para perantau bisa menikmati berbagai jenis makanan khas yang tersebar di seluruh kecamatan, aalah satunya gulai kapalo lauak menu andalan dari pesisir Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara.

Olahan makanan berbahan dasar ikan laut segar ini merupakan hasil tangkapan para nelayan lokal, dimasak menggunakan bahan rempah-rempah berkualitas, sehingga menciptakan rasa yang khas dan enak.

Bagi para perantau atau wisatawan tidak perlu binggung untuk mendapatkan masakan yang satu ini, dengan mengunjungi salah satu rumah makan yang ada di daerah Tiku, bisa langsung mencicipi gulai kapalo lauak. Hampir semua rumah makan di kecamatan Tanjung Mutiara ini menjadikan gulai kapalo lauak sebagai Menu utamanya.

Selain itu, harga satu porsinya tidak akan membuat kantong kita jebol, harganya disesuaikan dengan ukuran kepala ikan yang disajikan, kisaran harganya mulai dari Rp. 25.000- Rp. 80.000/porsi.

Bukan hanya itu saja, masih ada lagi  masakan yang khas dari kecamatan Tanjung Mutiara ini, yaitu gulai langkitang.

Langkitang itu sendiri adalah jenis kerang-kerangan, biasanya hidup di sungai yang dangkal, dan menempel di bebatuan yang ada di sungai.

Gulai langkitang merupakan masakan yang tak kalah enaknya dengan gulai kapalo lauak, cara pembuatan gulai langkitang tidak jauh berbeda dengan gulai kapalo lauak, tetapi rasanya tidaklah sama, masing-masing memiliki rasa yang khas.

Biasanya para penikmat gulai langkitang menjadikanya sebagai cemilan yang dimakan saat bersantai di pinggir pantai Tiku, satu porsi gulai langkitang hanya Rp. 10 ribu/porsi.
Penasaran, silahkan nikmati keunggulan kuliner khas Tanjung Mutiara ditemani keindahan pantai Pasia Tiku nan memukau.

( ARY )

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional