Maksimalkan Realisasi Fisik dan Keuangan APBD Triwulan III, SKPD AP Se-Sumbar Rapat di Agam

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC . – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Administrasi Pembangunan se-Sumatera Barat menggelar rapat evaluasi di Kabupaten Agam.

Rapat yang digelar pada 10-11 September ini dalam rangka memaksimalkan realisasi fisik dan keuangan APBD kabupaten kota se Samatera Barat.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Provinsi Sumatera Barat, Ria Wijayanti, ST, MSi, menjelaskan bahwa rapat evaluasi ini memiliki beberapa tujuan penting bagi realiasi fisik dan keuangan APBD kabupaten dan kota. 

“Pertama, kami ingin mengetahui dan memperoleh informasi mengenai realisasi capaian fisik dan keuangan APBD kabupaten kota triwulan III tahun 2024,” ujarnya, Rabu (11/9) di Lubuk Basung. 

Kedua lanjutnya, rapat ini sebagai upaya untuk memaksimalkan pencapaian realisasi fisik dan keuangan APBD triwulan III. 

“Dan ketiga, kami ingin memperoleh informasi mengenai permasalahan serta merencanakan tindak lanjut untuk percepatan pelaksanaan di kabupaten kota,” jelas Ria Wijayanti.

Rapat ini katanya lagi, diikuti oleh perwakilan dari SKPD Provinsi dan SKPD daerah, khususnya dari Bagian Administrasi Pembangunan. Peserta rapat diharapkan dapat menyampaikan laporan terkait progres pelaksanaan APBD serta tantangan yang dihadapi.

“Sehingga langkah-langkah strategis dapat disusun untuk memastikan pencapaian target yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Agam, Drs H Edi Busti, MSi mengingatkan para peserta rapat evaluasi terkait pentingnya mematuhi pedoman dan peraturan yang berlaku dalam pelaksanaan APBD. 

“Kami berharap seluruh peserta rapat dapat memperhatikan pedoman yang berlaku, termasuk peraturan dan perundang-undangan, dalam pelaksanaan anggaran,” ujarnya.

Kepatuhan terhadap pedoman ini lanjutnya, bukan hanya merupakan kewajiban administratif, tetapi juga kunci untuk memastikan bahwa penggunaan anggaran dilakukan secara transparan dan akuntabel. 

“Mengikuti regulasi yang ada membantu menghindari potensi penyimpangan dan masalah hukum yang dapat merugikan daerah. Dengan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan, kita dapat memastikan bahwa setiap rupiah anggaran digunakan secara efektif dan sesuai dengan tujuan pembangunan yang telah direncanakan,”paparnya. 

Selain itu lanjutnya, kepatuhan ini juga mendukung terciptanya pemerintahan yang bersih dan kredibel, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan daerah.

Terakhir, sebagai tuan rumah Sekda Agam juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta yang berasal dari kabupaten kota se Sumatera Barat.
Penulis : Depit
Editor : Reska/Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *