Semarak HUT RI Ke-79, Pemkab Agam Kembali Gelar Agam Marching Band Festival II 2024

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC– Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79, Panitia Peringatan HUT RI Kabupaten Agam akan gelar Agam Merching Band Festival II 2024, yang diselenggarakan Kamis, 15 Agustus 2024.

Dikatakan, Marching Band Festival II ini sejalan dengan program Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kab Agam “One Cabor One Event”.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Sub Bagian Protokol Setda Agam, Windra Purnama saat memberikan pemaparan planning dalam rapat persiapan Agam Merching Band Festival II 2024 di ruang rapat Kantor Bupati Agam, Lubuk Basung, (12/8).

“Untuk saat ini sudah ada 18 group dari berbagai sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) se-Kabupaten Agam yang sudah mendaftar dan tidak tertutup kemungkinan akan bertambah,”ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa kegiatan yang di jadwalkan akan dimulai pukul 09.00 WIB di lapangan GOR Rang Agam.

“Namun, jika cuaca tidak mendukung, acara akan kita pindahkan ke dalam gedung GOR Rang Agam,”jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Acara Lomba Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79, Handria Asmi menyampaikan bahwa acara ini merupakan ajang bagi siswa-siswi untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan mereka dalam bidang musik dan seni.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, generasi muda dapat semakin mencintai seni dan budaya, serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Selanjutnya, Handria Asmi menjelaskan bahwa penilaian dalam lomba ini dilakukan oleh 4 orang juri yang berasal dari anggota PDBI Kabupaten Agam.

“Seluruh juri telah memiliki sertifikasi nasional, sehingga kualitas penjurian tidak diragukan lagi. Aspek-aspek yang dinilai meliputi musik, visual, dan general effect, dengan durasi penampilan maksimal 140 menit,”terangnya.

Setiap pemenang dalam lomba ini akan diberikan trophy dan uang pembinaan sebagai penghargaan atas usaha dan kerja keras mereka dalam mempersiapkan diri menghadapi kompetisi ini.

Agam Marching Festival II ini tambahnya, merupakan salah satu rangkaian acara yang ditunggu-tunggu dalam peringatan HUT RI di Kabupaten Agam, di mana semangat kemerdekaan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya para pelajar yang menjadi generasi penerus bangsa.

“Untuk itu, melalui rapat ini mari kita samakan presepsi dan berkolaborsi dengan tujuan untuk mensukseskan acara ini,”ungkapnya.

Selain itu, Ketua Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman, menyatakan dukungan penuhnya terhadap acara ini.

“Drum band bukan hanya sekedar ajang bermusik, tetapi juga melatih disiplin, kerjasama, dan kekompakan. Dan ini akan sangat membantu dalam membentuk karakter para peserta, maka dari itu saya berharap panitia dapat berkolabirasi dengan sebaik-baiknya dalam menyiapkan acara ini” kata Yenni Andri Warman.-
Penulis : Tori
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *