Wakili Agam Pada Lomba Kader Posyandu, Ini Inovasi Posyandu Cendana

  • Bagikan

Malalak, AMC – Posyandu Cendana, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak mewakili Kabupaten Agam pada lomba Kader Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Posyandu Cendana Optimis bisa meraih predikat juara. Pasalnya sederat inovasi keposyanduan dihadirkan untuk menggaet masyarakat agar ramai memanfaatkan Posyandu.

Wali Nagari Malalak Utara, Abdul Hamid Dt. Tan Kabasaran saat ekspos program Posyandu Cendana Senin (5/9), setidaknya ada enam inovasi unggulan yang disodorkan untuk menggaet sasaran posyandu.

“Enam inovasi ini seperti arisan ibu balita, kelompok ayah peduli posyandu, buka lapak di posyandu, tandu, pandu dan ibu peduli sampah,” sebutnya.

Lebih lanjut diterangkan, inovasi arisan ibu balita merupakan upaya meningkatkan kecintaan kaum ibu untuk gemar ke posyandu. Menurutnya, hal itu dapat dimulai dari arisan.

Inovasi ayah peduli posyandu adalah upaya yang menyasar para ayah untuk memahami betapa penting arti imunisasi bagi bayi. Para penyuluh posyandu akan berkunjung ke rumah-rumah untuk menyukseskan program ini.

Lalu buka lapak di posyandu, inovasi ini menyasar orang tua bayi atau balita yang berprofesi sebagai petani. Mereka dimungkinkan membawa hasil panen ke posyandu bersama bayi dan balita.

“Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi sasaran posyandu kami,” sebutnya.

Kemudian tabek posyandu (tandu). Inovasi ini merupakan usaha swadaya sasaran posyandu dalam mengelola tabek atau kolam ikan. Inovasi ini untuk menunjang makanan tambahan bergizi bagi para bayi dan balita.

Inovasi selanjutnya adalah parak posyandu (pandu). Dikatakan Posyandu Cendana memiliki lahan seluas 250 meter persegi yang dimanfaatkan untuk menanam tanaman muda produktif, seperti cabe, terong, bawang, strawberry dan sebagainya.

“Inovasi terakhir adalah Ibu peduli sampah, ini baru dilaksanakan dua bulan terakhir, dengan penemuan tepat guna mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar,” ujarnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *