Penasehat Bundo Kanduang Agam, Hadiri Pengukuhan Bundo Kanduang Palupuh Periode 2024-2028

  • Bagikan

Palupuh, AMC – Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Ny. Yenni Andri Warman, menghadiri acara pengukuhan Bundo Kanduang kecamatan Palupuh di Aula Kantor Camat Palupuh,Rabu (07/8).

Acara tersebut dihadiri Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Camat Palupuh, Forkopimca, Wali Nagari se-Kecamatan Palupuh dan lainnya.

Mengawali sambutannya, Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Ny. Yenni Andri Warman, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bundo Kanduang Nagari se-Kecamatan yang telah melaksanakan musyawarah Bundo Kanduang Kecamatan Palupuh, sehingga terpilih pengurus Bundo Kanduang Kecamatan Palupuh Periode 2024- 2028.

Ny. Yenni menekankan pentingnya peran Bundo Kanduang sebagai garda terdepan dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya Minangkabau khususnya bagi Kabupaten Agam.

“Bundo Kanduang adalah simbol kekuatan perempuan dalam adat kita. Mereka memiliki tanggung jawab besar dalam meneruskan tradisi dan nilai-nilai luhur kepada generasi muda,” ujarnya.

Disebutkan, Bundo Kanduang dan Puti Bungsu merupakan salah satu unsur yang memberi warna dalam pelaksanaan pembangunan budaya di Kabupaten Agam.

“Melalui peran bundo kanduang dan puti bungsu kita selalu memberikan perhatian yang besar terhadap berbagai kegiatan bundo kanduang, perhatian itu ditunjukkan dengan melibatkan dalam berbagai kegiatan pemerintah mulai di tingkat Nagari sampai tingkat Kabupaten melalui kegiatan OPD terkait,” ujarnya.

Ditambahkan, Organisasi Bundo Kanduang merupakan wadah bagi Bundo Kanduang dalam pelestarian, pembinaan, dan pengembangan budaya Minangkabau dengan tatanan Adat Salingka Nagari di Kabupaten Agam.

“Sebagai pionir dalam melestarikan budaya, kita selaku Bundo Kanduang yang tergabung dalam organisasi Bundo Kanduang ini haruslah bisa membimbing anak dan kamanakan untuk menjaga nilai-nilai budaya di Minangkabau, khususnya di Kabupaten Agam ini,” ujar Ny Yenni AWR.

Ny. Yenni berharap, agar Bundo Kanduang yang telah dikukuhkan dapat menjalankan peran dengan baik dan terus menjadi teladan bagi masyarakat.

“Mari kita jaga dan lestarikan adat dan budaya kita, sehingga bisa diwariskan kepada anak cucu kita,” jelasnya.
Penulis : Ikhsan
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *