Surya Wendri: Percepatan Penurunan Stunting dengan Menekan Angka Kelahiran

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Ketua TP PKK Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman meninjau pelaksanaan pelayanan serentak PKK-KB Kesehatan di Puskesmas Anak Aia Kumayan, Kecamatan Lubuk Basung, Senin (30/1). Turut didampingi Kepala Dinas Dalduk KB PPPA Agam, Surya Wendri.

Surya Wendri menyebutkan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan stunting dengan menekan angka kelahiran menggunakan KB.

“Salah satu penyebab stunting itu diakibatkan oleh banyaknya kelahiran. Dengan angka kelahiran yang rapat tentu akan mengakibatkan kurangnya perawatan dan pengawasan terhadap gizi anak,” ujar Surya Wendri.

Jadi untuk membatasi hal itu sambungnya, harus ada pengaturan jarak kelahiran melalui program KB.

“Ini sesuai dengan faktor empat “T”, yaitu Terlalu muda, Terlalu tua, Terlalu banyak dan Terlalu rapat melahirkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Agam, Ny Yenni mengapresiasi semangat, antusias, serta kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan KB.

“Semoga dengan begitu tidak ada lagi kejadian stunting yang diakibatkan rendahnya pengawasan gizi dari orang tua yang memiliki banyak anak,” harapnya.

Dengan adanya KB, sambungnya, dapat meningkatkan kualitas kelahiran dan kesehatan dari ibu yang akan melahirkan nantinya.

“Mudah-mudahan akan semakin ramai para ibu yang sadar untuk menggunakan KB, sehingga kedepannya kualitas anak menjadi lebih baik lagi dan angka stuting di Kabupaten Agam dapat kita tekan,” harapnya lagi.

Penulis : Tori
Editor : Rezka/Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *