Buka Festa II, Wabup Agam : Nilai Madani Berjalan di Koto Gadang

  • Bagikan

Koto Gadang, AMC – Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt Parpatiah membuka secara resmi Festival Seni Tradisi (Festa) ke-II Nagari Koto Gadang VI Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu (21/1).

Dalam sambutannya, Wabup Agam menyebut kegiatan kesenian yang diusung anak Nagari Koto Gadang ini sangat selaras dengan visi mewujudkan Agam yang Madani.

Agam yang Madani terang wabup, merupakan kondisi dimana berjalannya nilai-nilai Islam dan terimplementasinya nilai-nilai ABS-SBK di tengah masyarakat.

“Hari ini Koto Gadang melakukannya, nilai Madani sudah berjalan di nagari ini,” ujar wabup.

Menurut wabup, kegiatan -kegiatan kesenian tradisi perlu terus digalakkan. Pasalnya, kegiatan semacam ini mampu menangkal pengaruh buruk modernisasi dan globalisasi.

“Laju globalisasi memang tidak bisa kita bendung, namun dapat kita tangkal dengan memperkuat nilai-nilai keagamaan dan adat-istiadat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Agam mengapresiasi usaha masyarakat Nagari Koto Gadang VI Koto yang terus menyemarakan nilai-nilai Agam Madani.

“Apresiasi ini tulus saya sampaikan, menyelenggarakan kegiatan yang semarak seperti ini sangatlah tidak mudah,” ucapnya.

Wabup berharap, masyarakat di Nagari Koto Gadang VI Koto untuk terus istiqomah mempertahankan kondisi Madani yang sudah berjalan dengan baik.

“Tetap jaga kekompakkan, pertahankan kondisi ini. Saya yakin kondisi ini bisa tercipta berkat bimbingan ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai serta bundo kanduang di nagari ini,” ujarnya.-

Penulis : Depit
Editor : Rezka/Harmen

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *