Bupati Agam Siapkan Solusi Atasi Macet Padang Lua 

  • Bagikan

Padang Lua, AMC – Kemacetan jalur Padang Lua Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, masih jadi permasalahan yang harus segera diatasi.

Sejauh ini, ruas jalan nasional itu kerap terjadi kemacetan terlebih ketika hari pasar.

“Kita harus bisa cari solusi bagaimana kemacetan di jalan itu dapat diatasi, paling tidak dikurangi,” ujar Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman saat gelar pertemuan dengan OPD terkait, wali nagari dan pengurus pasar, di Mess Pemkab Agam Belakang Balok, Jum’at (24/6).

Bahkan ia minta OPD terkait kerahkan personel ke lokasi, baik dari Dinas Perhubungan maupun Satpol PP untuk mengatur lalu lintas di jalur tersebut.

Di samping itu, ia berupaya bagaimana traffic light di perempatan Padang Lua diaktifkan, karena menurutnya bisa lebih efektif mengurangi kemacetan.

“Mobilitas di jalur Padang Lua cukup padat, selain menempatkan petugas alangkah baiknya traffic light kita aktifkan juga. Kita minta langkah ini segera dilakukan,” katanya.

Menurutnya, kemacetan terjadi di jalur Padang Lua selain mobilitas cukup padat, juga diakibatkan kendaraan yang parkir sembarangan. Maka katanya ini juga harus diatasi.

Setelah pertemuan singkat itu, ia juga akan menyurati Polres Bukittinggi untuk berkolaborasi bersama pemerintah daerah menangani kendaraan yang parkir sembarangan.

“Selain langkah ini, kita juga akan arahkan pedagang yang berjualan di luar ke dalam pasar, supaya kemacetan betul-betul bisa dikurangi,” tukas bupati.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Agam, Handria Asmi menyatakan kesiapan untuk menempatkan petugas dalam mengatur lalu lintas di jalur Padang Lua.

“Kita akan kerahkan 10 personel, nanti akan diatur teknisnya,” katanya.

Sementara berkaitan traffic light, katanya, Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah III Sumbar menyebutkan traffic light di perempatan Padang Lua sudah tidak layak pakai.

“Alternatif yang diberikan pada kita,  memindahkan traffic ligt yang ada di simpang Canduang ke perempatan Padang Lua. Ini membutuhkan waktu dan kita berupaya bisa segera dilakukan,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Satpol PP-Damkar Agam, Dandi Pribadi, bahwasanya ia siap turunkan personel dan bersinergi dengan Dinas Perhubungan. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *