Bunda Paud Agam Minta Orang Tua Gelorakan Budaya Mendongeng Pada Anak

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Seekor buaya asyik bermain di sungai. Badannya besar dan panjang. Ia siap untuk mencari mangsa. Buaya itu menyelam kesana kemari. Ia sangat lincah berenang di dalam air. 

Kalimat di atas merupakan penggalan cerita dongeng dibacakan Bunda Paud Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman di hadapan anak-anak TK Melati Lubuk Basung, Kamis (19/5) di Gedung Perpustakaan Kabupaten Agam.

Puluhan anak-anak tampak antusias mendengarkan kata demi kata dan kalimat yang keluar dari mulut istri bupati itu. 

Dongeng kisah buaya yang dibacakan Bunda Paud tidak hanya sekedar dongeng belaka. Namun, mengandung pesan mendalam terutama bagi para orangtua dan guru agar selalu membudayakan kebiasaan membaca bagi anak-anaknya. 

“Zaman dulu orangtua saat menyampaikan pesan dan nasehat kepada anaknya, membuat perumpamaan melalui cerita atau dongeng tentang hewan. Namun sekarang budaya sekarang mulai luntur. Untuk itu kita harapkan, ke depannya kita gelorakan kembali kebiasaan mendongeng,” harap Ny. Yenni.

Apalagi, jelasnya, di era perkembangan teknologi IT, anak-anak usia dini jarang sekali mereka mendengarkan dongeng, mereka lebih disibukkan dengan gadget.

“Kondisi ini tentunya tidak bisa terus menerus kita biarkan. Karena, anak-anak sebagai generasi penerus akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini,” jelas Ny. Yenni menambahkan. 

Menurutnya, membacakan dongeng kepada anak, selain sebagai sarana meningkatkan komunikasi dan emosional anak dengan orangtua juga akan merangsang daya pikir dan cakrawala anak sejak usia dini. 

“Tak kalah penting, dengan mendongeng bisa meningkatkan minat baca anak,” tutup Bunda Paud itu. (Finand)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.