Petani Jorong Babukik Keluhkan Pemasaran Produksi, Ini Tanggapan Bupati Agam

  • Bagikan

Kamang Magek, AMC – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman tampung aspirasi petani saat panen raya padi organik di lahan kelompok Tani PRL Rajo Tigo Selo Babukik, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Senin (22/11).

Ketua kelompok tani PRL Rajo Tigo Selo, Adek Satria mengatakan, kelompok dipimpinnya yang bergerak dikomoditas tanaman padi ini, terkendala dengan pemasaran produksi, bahkan nilai jualnya juga cukup rendah.

“Apalagi padi organik ini, begitu sulit untuk memasarkannya, jika pun ada yang membeli tapi harganya jauh dibawah padi non organik,” ujarnya.

Belum lagi terkait peralatan, disampaikannya, ketika pasca panen ia kesulitan dengan peralatan terutama mesin perontok padi.

“Kita berharap ada solusi dari pak bupati terhadap kendala yang kita hadapi ini,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman menyebutkan, salah satu visi misinya sebagai bupati adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segala bidang, termasuk pertanian.

Bahkan, di 2022 ia sudah merencanakan dirikan BUMD dan outlet yang akan diberi nama Agam Mart untuk menampung produksi usaha masyarakat, baik UMKM, pertanian dan lainnya.

“BUMD ini nanti akan dikelola oleh orang profesional, bukan dari kalangan ASN. Sedangkan outlet didirikan baik dalam Sumbar maupun luar Sumbar,” sebutnya.

Ia berkomitmen, dalam melakukan sesuatu harus membuat masyarakat nyaman ketika berusaha.

“Terkait peralatan pasca panen, kita akan bicarakannya dengan Dinas Pertanian, apakah bisa dianggarkan atau ada alternatif lain untuk pengadaan alat ini,” terangnya. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *