DPMPTSP-Naker Agam Gelar Sosialisasi Skill Development Center

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam gelar sosialisasi program kerja forum pusat pengembangan keahlian atau Skill Development Center (SDC), di aula Bappeda Agam, Rabu (6/10).

Kabid Hubungan Industrial dan Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja, Basyrizal mengatakan, sosialisasi ini diikuti 29 orang dari pengurus forum pusat pengembangan keahlian, dan 21 orang dari pengurus tempat kerja atau work place.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman pengurus forum pusat pengembangan keahlian tentang pentingnya forum itu, serta mensinergikan program kerja forum dengan stakeholder terkait,” ujarnya.

Sedangkan narasumber dalam sosialisasi berasal dari unsur Disnaker Trans Sumbar, pengurus forum pusat pengembangan keahlian Sumbar dan DPMPTSP-Naker Agam.

Sosialisasi yang gelar satu hari ini, dibuka Bupati Agam diwakili Asisten II Setdakab Agam, Yosefriawan.

Ia mengatakan, peran SDC sangat dibutuhkan dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan, serta menurunkan tingkat pengangguran secara Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM)

“Disisi lain juga akan membantu Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dalam penyediaan tenaga kerja yang relevan dengan kebutuhan dan kompetensi, serta membantu para pencari kerja untuk memperoleh kesempatan kerja sesuai keinginan,” sebutnya.

Menurutnya, forum SDC sebagai mesin pencetak SDM yang siap memasuki dunia kerja dan dunia usaha, sehingga perlu koordinasi antara pemerintah dengan badan usaha untuk melakukan pelatihan keterampilan sesuai yang dibutuhkan DUDI.

“Kita berharap forum ini bisa bekerjasama dalam mempersiapkan tenaga kerja dibutuhkan dunia usaha dan lapangan kerja yang bisa menampung para pencari kerja,” tuturnya.

Dengan begitu, penurunan angka pengangguran diharapkannya bisa terwujud, dan Agam yang lebih maju lagi bisa dicapai secara bersama-sama. (t_m)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *