16 Perempuan Agam Bersaing Jadi Perempuan Inspiratif 2021

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – 16 perempuan dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam, bersaing menjadi yang terbaik di daerah itu pada lomba Perempuan Inspiratif tahun 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Agam itu merupakan agenda tahunan untuk memberikan apresiasi kepada para perempuan Kabupaten Agam yang punya inspirasi bagi masyarakat dan daerah.

Hari ini, Kamis (23/9), panitia penyelenggara Lomba Inspiratif Kabupaten Agam melakukan penilaian terhadap 16 perempuan inspiratif tersebut.

Hadir sebagai juri Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Yenni Andri Warman, Bundo Kanduang Kabupaten Agam Rosmiati, utusan dari GOW Agam serta perwakilan dari OPD terkait.

Ketua Pelaksana Lomba Perempuan Inspiratif 2021 Kabupaten Agam, Rosi Tarama kepada AMC, mengatakan, ada beberapa indikator untuk bisa berperan sebagai perempuan inspiratif. Diantaranya mampu memperlihatkan sosok keteladanan dalam membina keluarga dan rumah tangga, memiliki budi pekerti luhur dan teladan dalam masyarakat, serta mampu melakukan terobosan dan kontribusi berarti dalam partisipasi pembangunan.

Dari beberapa indikator itu, jelasnya, dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama penyampaian ekspos dari para peserta yang dilaksanakan pada 23 September.

“Setelah itu, tahap kedua kita lakukan verifikasi lapangan bagi peserta yang masuk 3 besar. Rencananya dilakukan pada 26 sampai 27 September,” ujar Rosi.

Kemudian, bagi juara terbaik akan mewakili Kabupaten Agam ke tingkat Provinsi Sumbar.

“Kita ingin mengulang kembali prestasi di tingkat provinsi yang pernah menjadi 3 kali juara terbaik,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman, mengatakan sosok perempuan inspiratif, harus bisa menjadikan diri sendiri berguna bagi keluarga dan masyarakat sebelum menginspirasi orang lain.

Ia juga menambahkan, keberhasilan perempuan tidak hanya sebatas ibu rumah tangga atau wanita karir, akan tetapi harus juga menjadi panutan yang bisa menginspirasi orang lain.

“Kita harus menjadi diri kita berguna dan punya karakter yang kuat serta bisa menginspirasi orang lain,” pinta Ny. Yenni menginspirasi.

Ny. Yenni berharap, dengan diadakannya lomba penilaian perempuan Inspiratif tersebut, akan lahir perempuan-perempuan yang lebih mandiri. (Finand)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *