Pohon Tumbang di Sungai Landia Tutup Separuh Badan Jalan

  • Bagikan

IV Koto, AMC – Sebatang pohon kayu besar tumbang di kawasan Jorong Kampung Baruah, Nagari Sungai Landia, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Senin (30/8).

Diduga akar pohon lapuk sehingga tak kuat menahan terjangan angin kencang.

Insiden tersebut dilaporkan terjadi menjelang subuh, sekitar pukul 03.30 WIB. Material pohon berdahan lebat itu tumbang ke jalan dan menyekat sebagian akses lalu lintas warga di wilayah itu.

“Pohon tumbang itu dipicu angin kencang yang melanda wilayah sekitar. Kondisi akar pohon sudah mulai lapuk, jadinya tidak kuat menahan hembusan angin,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal.

Dijelaskan, pohon tumbang menutup sebagian ruas jalan Kampuang Baruah. Akibatnya, akses lalu lintas pengendara di jalur itu hanya bisa dilewati dengan sistem buka tutup.

“Beruntung saat pohon tumbang kondisi jalan sedang kondisi lengang, sehingga tidak menimbulkan korban luka dan jiwa,” sebut Syafrizal.

Upaya pembersihan material dilakukan petugas dengan cara memotong setiap dahan pohon untuk memudahkan evakuasi. Selain melibatkan tim BPBD, penanganan juga dibantu pihak kecamatan, pemerintah nagari dan warga sekitar.

“Material pohon selesai dibersihkan sekitar pukul 12.10 WIB dan akses sudah kembali normal,” tuturnya.

Atas kejadian itu, ia mengimbau masyarakat pengguna jalan supaya tetap waspada dan hati-hati, terutama saat melintas di jalur yang berbukit. Pasalnya, kontur wilayah Agam sangat rentan dengan bencana alam.

“Akhir-akhir ini curah hujan di Agam memang cukup tinggi, sehingga masyarakat diminta tetap waspada dan siaga. Apalagi daerah ini rentan bencana seperti banjir dan longsor plus pohon tumbang,”jelasnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *