Pemnag Lubuk Basung Bantu Pembangunan 21 Unit RTLH Tahun Ini

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Pemerintah Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, bakal membantu pembangunan 21 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di nagari itu.

Sekretaris Nagari Lubuk Basung, Hidayati Amir kepada AMCnews.co.id, Rabu (31/3) mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan setelah lebaran, mengingat waktu yang sudah mepet karena akan memasuki bulan suci Ramadan 1442 hijriah.

Dalam program ini, katanya, pemerintah nagari mengalokasikan anggaran sekitar Rp210 juta lebih. Masing-masing rumah dibantu berupa bahan bangunan lebih kurang senilai Rp10 juta.

“Kita hanya membantu bahan bangunan, sedangkan upah tukang ditanggung pemilik rumah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam melaksanakan program ini, selain RTLH sasarannya juga warga kurang mampu yang akan melanjutkan pembangunan rumah.

“Warga yang telah membangun, tapi bangunannya terbengkalai akibat tidak ada biaya, ini juga jadi sasaran program kita di nagari,” sebutnya.

Menurutnya, rumah yang akan dibantu ini sesuai usulan masing-masing jorong, karena jorong tahu mana warganya yang patut dibantu melalui program ini. Kemudian juga harus ada kesediaan dari pemilik rumah untuk menerima bantuan tersebut.

Setelah jorong mendapatkan data warga yang akan dibantu, kemudian dilaporkan ke nagari dan diverifikasi. Selanjutnya dibahas dalam forum Musyawarah Nagari (Musna) untuk penetapan penerima bantuan. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *