Bentuk KSB, Pemnag Garagahan Koordinasi Dengan BPBD Agam

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Pemerintah Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, akan membentuk Kelompok Siaga Bencana (KSB) di daerah itu.

Kepada AMCNews.co.id, Kamis (4/3), Wali Nagari Garagahan, melalui Kasi Kesejahteraan Masyarakat, Dipo Asnil mengatakan, sebelum dibentuk KSB, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam.

“Rabu (3/3) kemaren, kami telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Agam, Alhamdulillah pihak BPBD sangat mendukung dan siap untuk membantu,” ujarnya.

Pada pertemuan tersebut, jelasnya, pihaknya berkonsultasi terkait apa saja yang harus dipersiapkan agar KSB bisa dibentuk, dan bagaimana peran dan fungsi dari KSB tersebut.

Menurutnya, keberadaan KSB ini sangat penting di nagari, karena KSB ini merupakan perpanjangan tangan dari BPBD.

“Ketika terjadi bencana, KSB ini bisa lebih cepat sampai di lokasi bencana untuk melakukan penanganan, sebelum tim BPBD tiba di lokasi,” jelasnya

Namun, terangnya, untuk melakukan penanganan tersebut, tentu perlu ilmu dan keahlian untuk melakukan pertolongan pertama dalam suatu bencana.

“Insyaallah dalam waktu dekat, kami akan membentuk KSB di Nagari Garagahan, dan bekerja sama dengan BPBD Agam,” harapnya. (HR)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *