DKP Sumbar Verifikasi Lokasi Penerima Bantuan Restocking Ikan di Garagahan

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat, bersama Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam verifikasi lokasi penerima bantuan restocking ikan garing di Jorong IV, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kamis (25/2).

Kedatangan rombongan DKP Provinsi Sumbar tersebut, disambut hangat oleh Wali Nagari Garagahan, diwakili sekretaris nagari, wali jorong, dan pengurus lubuak larangan, di Kantor Jorong IV, Nagari Garagahan.

Penyuluh Perikanan Kecamatan Lubuk Basung, Welli Santi mengatakan, verifikasi lokasi ini, merupakan tahapan sebelum bantuan ikan diserahkan, untuk melihat layak atau tidak layaknya lokasi tersebut sebagai penerima bantuan.

“Restocking ikan ini, bertujuan untuk melestarikan ikan garing yang ada di sungai, dan lubuak-lubuak larangan yang dikelola oleh masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan, bantuan restocking ikan garing tersebut merupakan bantuan dari DKP Provinsi Sumbar melalui DPKP Agam, dengan jumlah bantuan bibit ikan sebanyak 25 ribu ekor per lokasi.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung dengan aman dan lancar, semoga nantinya lokasi ini bisa mendapatkan bantuan tersebut,” harapnya.

Lebih lanjut, Welli Santi menjelaskan, di Kabupaten Agam, ada 5 lokasi calon penerima bantuan restocking ikan garing dari Provinsi Sumbar. Yaitu 1 lokasi di Kecamatan Tanjung Mutiara, dan 4 lokasi di Kecamatan Lubuk Basung, 3 diantaranya berada di Jorong IV, Nagari Garagahan.

“Insya Allah, paling lama satu bulan setelah dilakukannya verifikasi lokasi, bibit ikan garing akan sampai di lokasi penerima bantuan,” terangnya.

Selain itu, sebagai penyuluh perikanan, Welli Santi juga mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat di wilayah kerjanya, agar dapat memaksimalkan potensi yang ada, khususnya di bidang perikanan, dengan memanfaatkan saluran irigasi untuk membudidayakan ikan, membuat lubuak larangan, dan lain sebagainya.

“Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya,” harapnya. (HR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *