Distan Agam Tanam 100 Batang Duku di Kayu Pasak

  • Bagikan

Kayu Pasak, AMC – Dinas Pertanian Kabupaten Agam menanam duku sebanyak 100 batang, di Jorong Kayu Pasak, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Rabu (13/1).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu mengatakan, penanaman ini untuk menyisip duku yang sudah ditanam sebelumnya.

“Sejak dua tahun terakhir duku sudah mulai ditanam di Kayu Pasak dan sekarang kita lakukan penyisipan serta pemangkasan,” ujarnya.

Menurutnya, Salareh Aia khususnya Kayu Pasak sangat cocok ditanami duku, sehingga dapat dijadikan jorong percontohan untuk komoditas itu.

“Target kita Kayu Pasak jadi sentra duku di Kabupaten Agam demi mendukung program one village one product,” sebut Arief.

Sementara itu, Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Sari Mustika menyebutkan, untuk program jorong percontohan ini sudah berjalan sejak tahun 2020.

Namun, sebelumnya sudah dilakukan penanaman berbagai komoditas buah-buahan diseluruh nagari di Agam.

“Saat ini jorong percontohan di Kabupaten Agam sekitar 20 jorong, dengan komoditi berbeda-beda,” terangnya.

Menurutnya, dengan dibentuknya jorong percontohan ini, maka setiap jorong memiliki komoditas yang beragam, sehinga Kabupaten Agam jadi sentra buah di Provinsi Sumatera Barat. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *