Disparpora Agam Data Sarana dan Kelompok Olahraga Masyarakat

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, melakukan pendataan sarana dan kelompok -kelompok olahraga di daerah tersebut.

Kepada AMCNews.co.id, Rabu (2/12), Kadis Parpora Agam melalui Kabid Keolahragaan Disparpora Agam, Asrial mengatakan, pendataan ini bertujuan untuk meningkatkan validitas data sarana dan kelompok olahraga masyarakat yang tersebar di seluruh nagari. Sehingga didapatkan gambaran kesiapan sarana dan kelompok olahraga untuk menunjang prestasi olahraga.

“Melalui pendataan ini, kita dapat melihat sarana dan model-model olahraga apa yang berkembang di tengah- tengah masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan, pihaknya telah membentuk beberapa tim untuk melakukan pendataan di setiap nagari yang ada di Kabupaten Agam. Untuk mempermudah proses pendataan di lapangan, pihaknya berkoordinasi dengan kecamatan.

“Saat ini, proses pendataan sedang berjalan, dan ditargetkan dalam bulan ini pendataan dapat diselesaikan,” ujarnya.

Asrial menjelaskan, untuk menghasilkan calon-calon atlet yang handal, selain melakukan pembinaan dan pelatihan, hal yang harus diperhatikan adalah sarana olahraganya.

“Jika sarana olahraga yang ada di setiap nagari sudah layak, maka dapat menarik minat dan bakat dari anak-anak nagari untuk lebih mengembangkan potensi dirinya di bidang olahraga,” tambahnya.

Menurutnya, dengan begitu, kedepanya di setiap nagari, akan bermunculan calon- calon atlet yang unggul di bidangnya masing-masing.

“Karena selama ini, dengan kondisi geografis Kabupaten Agam yang cukup luas, banyak potensi di setiap nagari yang belum terjangkau dengan baik,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dikatakan, ini menjadi tanggung jawab bersama, baik itu di tingkat kecamatan maupun nagari, untuk memberikan informasi dan pembinaan dalam mengembangkan cabang-cabang olahraga di daerahnya masing-masing.

“Semoga kedepanya, dengan penganggaran dan pembinaan yang dilakukan oleh nagari maupun kecamatan, muncul atlet -atlet handal yang dapat mengharumkan nama daerah, khususnya Kabupaten Agam di tingkat provinsi maupun Nasional,” harapnya. (HR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *