Satu Dari Empat EWS Kembali Berfungsi di Agam

  • Bagikan
Kalaksa BPBD Agam, Mhd. Lutfi AR
Kalaksa BPBD Agam, Mhd. Lutfi AR

Lubuk Basung, AMC – Satu dari empat unit Early Warning System (EWS) di sepanjang Pantai Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara yang sebelumnya dinyatakan tidak berfungsi saat ini sudah kembali berfungsi.

Kalaksa BPBD Agam, Mhd Lutfi di Lubuk Basung, Selasa (27/10) mengatakan, setelah dilakukan pengecekan siang tadi, satu unit EWS sudah kembali berfungsi dan tiga lainnya masih dalam tahap pengecekan lebih lanjut.

Tidak berfungsinya alat ini, akibat tidak terkoneksinya jaringan telekomunikasi dengan perangkat yang ada.

Empat unit EWS yang sebelumnya tidak berfungsi yaitu terletak di Masjid Ujuang Labuang Nagari Tiku V Jorong, Masjid Al Hidayah Masang Tiku V Jorong, Masjid Pasia Paneh Nagari Tiku Selatan dan di Kantor Camat Tanjung Mutiara.

“”Dari empat unit EWS itu, satu diantaranya milik BMKG dan kita sudah melaporkannya kepada yang bersangkutan, dalam hal ini dilaporkan kepada BMKG Padang Panjang selaku penanggung jawab pemeliharaan,” ujarnya.

Dikatakannya kondisi ini hampir terjadi setiap bulan, tapi akan baik sendiri setelah kembali terkoneksi jaringan mengingat perangkat pendukung yang lengkap, serta accu masih dalam kondisi baik dan lainnya.

“Kita berharap tiga unit EWS yang masih belum berfungsi ini, bisa berfungsi dalam waktu dekat,” katanya.

Dikatakannya, EWS adalah alat untuk mendeteksi berbagai gejala alam yang kemungkinan dapat menyebabkan tsunami, serta memberikan peringatan dini kepada masyarakat, sehingga dapat meminimalisir resiko bencana.

Tiga unit EWS yang masih belum berfungi itu berada di Masjid Pasia Paneh Nagari Tiku Selatan, di Masjid Al Hidayah Masang Nagari Tiku V Jorong dan EWS milik BMKG di Kantor Camat Tanjung Mutiara.

Sementara itu, yang berfungsi seperti di Masjid Ujuang Labuang Nagari Tiku V Jorong, di SMAN 1 Tanjung Mutiara, Puskesmas Pembantu Gasan Kaciak, Masjid Suhada Subang- Subang Nagari Tiku V Jorong, Masjid Taqwa Labuhan Nagari Tiku V Jorong dan Masjid Muaro Putuih Nagari Tiku V Jorong. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *