Menu

Pjs Bupati Agam, Bersilaturahmi ke Pondok ABS-SBK Batang Palupuah

  Dibaca : 20 kali
Pjs Bupati Agam, Bersilaturahmi ke Pondok ABS-SBK Batang Palupuah

Palupuah, AMC – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Agam, Benni Warlis bersilaturahmi ke pondok Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) Surau Madani Al-Ikhlas Batang Palupuah, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Jum’at (16/10).

Kedatangan Benni Warlis yang didampingi Kepala DPUTR Agam, Hamdi dan Kabag Kesra Setdakab Agam, Surya Wendiri itu, disambut baik oleh Ketua LKAAM Agam, Yul Arnis Dt Maleka Nan Tinggi, selaku pendiri pondok ABS-SBK tersebut.

Dalam hal ini juga dihadiri Camat Palupuah, Hasrizal, ninik mamak, tokoh masyarakat dan lainnya.

“Kita mengapresiasi LKAAM Agam yang sangat luar biasa dalam memberikan contoh terutama tentang surau,” ujar Benni Warlis.

Ia menjelasakan, selama ini orang mengatakan baliak kasurau adalah mencoba masa lalu. Sebenarnya bukan itu, tapi nilai yang ada di surau lah kembali dibangkitkan, seperti mengembalikan fungsi surau sebagai tempat memecahkan masalah anak kemenakan.

“Ini yang dibangkitkan oleh LKAAM, kita juga berharap ninik mamak di Agam memiliki surau, apabila anak kemenakan membutuhkannya, cukup mencarinya ke surau bukan ke tempat lain,” katanya.

Menurutnya, ini lah sebenarnya gerakan baliak ka surau itu, yang bertujuan untuk mengembalikan nilai musyawarah di Minangkabau.

Semenetara itu, Ketua LKAAM Agam, Yul Arnis Dt Maleka Nan Tinggi, mengaku bangga mendapat kunjungan dari Pjs Bupati Agam, sehingga banyak yang dibicarakannya terkait perkembangan adat di Agam, diantaranya dalam menjalankan gerakan baliak kasurau.

“Alhamdulillah, dalam menggerakkan baliak ka surau ini kita mendapat dukungan dari seluruh ninik mamak dan masyarakat di Agam,” katanya.

Di samping itu, katanya, selaku mitra Pemkab Agam, LKAAM juga berperan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang mewabah saat ini.

“Hal ini karena yang akan bertanggungjawab mengajak anak kemenakan untuk mencegah penyebaran virus corona ini juga ninik mamak, bukan hanya pemerintah,” katanya.

Dengan begitu, dicontohkannya dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini ada nagari yang melakukannya berbasis kaum, dimana ninik mamak setiap kaum mengedukasi anak kemenakan akan bahaya virus corona itu.

Dikesempatan itu, Y.A Dt Maleka Nan Tinggi yang juga selaku Ketua Harian LKAAM Sumbar melalui Pjs Bupati Agam, Benni Warlis menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Camat Palupuah, Hasrizal sebagai camat yang sangat gigih mendukung gerakan baliak ka surau. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional